Dukung Raih Adipura, GANAS (Gerakan Nyandak Sampah) Dideklarasikan

KOTASUBANG.com, Subang – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, hari ini, Senin (22/2/2016) ratusan orang berpartisipasi dalam acara GANAS atau Gerakan Nyandak Sampah di sekitar pasar baru, belakang terminal, Subang. Acara yang dimotori komunitas Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) ini juga sekaligus memperingati 3 tahun keberadaanya di Subang.

Turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut Asda 3, H. Sumasna, Kepala Badan Lingkungan Hidup sebagai pembina GPL, Disperindagsar, Distarkimsih, Dishutbun, Irda, BPMKB, Dishub, Dinsos, Polsek Subang, Polres Subang, Dandim, perwakilan 18 sekolah SMP dan SMA serta masyarakat umum.

“Tercatat sekitar 500 orang berpartisipasi dalam kegiatan ini, selain kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar pasar acara juga diisi dengan edukasi tentang pengelolaan sampah dan deklarasi mengenai akan diselenggarakannya GANAS secara kontinu sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga lingkungan,” ujar Sansan Juliansyah ketua GPL yang sekaligus juga ketua panitia acara tersebut.

Sansan mengatakan dipilihnya pasar sebagai lokasi dilaksanakan kegiatan ini bertujuan mendukung program pemerintah menuju Subang sebagai kota Adipura.

“Pasar adalah titik pantau penilaian Adipura, yang mempunyai point tinggi dalam penilaiannya, karena itu acara ini kami fokuskan untuk membersihkan lingkungan pasar” ujarnya.

Selanjutnya Sansan mengungkapkan dengan kegiatan seperti ini diharapkan tumbuh kepedulian yang didasari kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya sesuai dengan visi kegiatan GANAS (Gerakan Nyandak Sampah) GPL. (baca juga : GPL Subang Ajak Wujudkan Subang Bersih dengan Ganas)