Hari Peduli Sampah Nasional, Aktivis Bersihkan Kota Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Memperingati hari peduli sampah nasional yang jatuh hari ini, Minggu (21/2/2016)  aktivis pecinta lingkungan melakukan aksi pungut sampah di beberapa titik di kota Subang. Di bekas pasar Inpres (pasar panjang) puluhan aktivis lingkungan yang dimotori oleh Masyarakat Sadar Lingkungan (Massal) melakukan aksi pungut sampah.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH), dinas Distarkimsih, Mapas, PMI,  paguron silat Pajajaran, LSM Akar, pencinta alam sekolah SMAN 1,  dan SMK Bhakti Kencana,  Akbid Bhakti Nugraha, mahasiswa, dan beberapa tokoh masyarakat.

“Dengan kegiatan pungut sampah di hari peduli sampah nasional ini kami harap masyarakat bisa lebih sadar sehingga tidak lagi membuang sampah sembarangan,” ujar Alam Rantjatan dari Massal sekaligus koordinator aksi kali ini.

IMG_20160221_200016

Selain memunguti sampah yang berserakan dijalanan, para aktivis lingkungan ini juga mencabut paku dan mencopot berbagai macam media promosi yang menempel di setiap pohon. Alam menghimbau agar berbagai pihak tidak sembarangan memasang iklan di pepohonan karena hal itu sangat merusak keindahan kota.

Selain di lokasi pasar panjang sekelompok orang yang dimotori oleh komunitas OI bersama berbagai komunitas lain termasuk Polres Subang juga tampak melakukan aksi bersih-bersih sampah di seputaran Pujasera.

Di Subang, sampah memang menjadi masalah yang belum bisa di atasi secara tuntas. Di beberapa daerah pelosok Subang tumpukan sampah seringkali terlihat dipinggir jalan utama, diantaranya di jalan raya Blanakan, di pinggir kebun teh jalan Cagak – Ciater dan di depan tugu Selamat Datang di Dangdeur.