Ditengah Tantangan MEA, H. Aceng Kudus Terpilih Menjadi Ketua HKTI Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Di tengah semakin tergerusnya lahan pertanian karena arus industrialisasi di Kabupaten Subang, Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Kabupaten Subang menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) VII dengan agenda utama pemilihan Ketua baru di Saung Awi, Desa Gunung Sari, Pagaden, Sabtu-Minggu (13-14/2/2016). Dalam Muskab tersebut H. Aceng Kudus SP akhirnya terpilih menjadi Ketua HKTI Kabupaten Subang periode 2016-2021 dengan memperoleh suara terbanyak 23 suara dari 30 PC HKTI seluruh kecamatan di Kabupaten Subang. Sedangkan lawannya Casmita hanya mengantongi 7 suara.

Dalam orasinya ketua terpilih H Aceng Kudus mengatakan, di era perdagangan bebas saat ini atau dengan adanya MEA, HKTI Subang harus bisa meningkatkan kemampuan petani agar tidak kalah bersaing dengan petani luar negeri. Dikatakan Aceng, sudah saatnya HKTI Subang bisa menciptakan pertanian yang kondusif dan modern dengan mengedepankan kerifan lokal.

“Insan tani saat ini berada pada kondisi yang lemah dimana kebijakan pemerintah enggan berpihak pada pertanian. Masuknya komoditas dan barang-barang hasil pertanian dari luar negeri semakin melemahkan posisi petani saat ini, pengusaha-pengusaha lebih suka import dibandingkan membeli produk pertanian dari petani,” ujarnya.

Hal ini menurutnya harus dihadapi dengan kebersamaan yang kuat sehingga petani tetap menjadi Tuan Rumah Di Negeri Sendiri.

Berita Terkait: