Sentra Peternakan Rakyat Dideklarasikan di Tanjungsiang, Subang

KOTASUBANG.com, Tanjungsiang – Bupati Subang, H. Ojang Sohandi bersama Kadis Peternakan Jabar, Ir. Dodi Firman dan Direktur Pembibitan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Ir. Ali Rahman serta Muspida Kabupaten Subang menghadiri deklarasi dua kegiatan sentra peternak rakyat (SPR) Kabupaten Subang di Desa Sindanglaya, Kecamatan Tanjungsiang, Subang, Rabu ( 10/2/2016).

SPR didirikan dengan tujuan memberi ilmu pengetahuan kepada peternak berskala kecil tentang berbagai aspek teknis peternakan dan nonteknis yang melandasi terwujudnya perusahaan kolektif dalam satu manajemen yang dikelola oleh satu manajer dalam rangka meningkatkan daya saing usahanya untuk meningkatkan pendapatannya serta kesejahteraannya.

IMG-20160210-WA0036IMG-20160210-WA0043(q1)

Untuk menjadi tempat kegiatan SPR terdapat beberapa kriteria diantaranya minimal memiliki seribu sapi betina produktif dan 100 jantan, juga harus melibatkan perguruan tinggi sebagai pendamping. Kabupaten Subang dalam hal ini telah bekerjasama dengan Universitas Padjajaran.

“Untuk Provinsi Jawa Barat dari 27 kabupaten kota, hanya 4 kabupaten yang menjadi tempat SPR. Keempat ┬ákabupaten tersebut hanya Kabupaten Subang yang diberikan 2 tempat SPR yaitu SPR Kasaliang yang mencakup wilayah Kasomalang, Cisalak, Tanjung siang, dan SPR Cinagarabogo mencakup wilayah Cipunagara dan Cibogo,” kata Kepala Dinas Peternakan Kab. Subang, H. Rahmat Faturahman.

Sementara itu Bupati Subang H. Ojang Sohandi dalam sambutannya berjanji akan mensukseskan kegiatan SPR Kasaliang dan SPR Cinagarabogo dan akan mewujudkan terbentuknya SPR di Pantura.

“Dalam menyukseskan janji tersebut maka kita harus bersungguh-sungguh melaksanakannya,” ujarnya.