Kelas Inspirasi Subang, Beri Motivasi Anak Sekolah Untuk Berani Bermimpi

KOTASUBANG.com, Subang – Semangat perubahan biasanya dipicu oleh sebuah inspirasi. Bagi anak-anak kota inspirasi itu bisa dengan mudah didapatkan dari lingkungan sekitarnya atau dari berbagai media. Namun anak-anak yang tinggal di desa terpencil terntunya sangat jarang berinteraksi atau bahkan melihat tokoh-tokoh yang akan menjadi inspirasi bagi mereka untuk bermimpi meraih cita-cita yang tinggi.

“Anak-anak yang sekolah di kota tentunya sudah banyak melihat orang-orang yang sukses dan berhasil di lingkungannya, bahkan di keluarga mereka mungkin sudah banyak yang berhasil dengan berbagai profesinya. Hal ini tentunya akan menjadi inspirasi bagi cita-cita mereka di masa depan. Sementara di daerah terpencil, anak-anak kesulitan melihat sumber inspirasi cita-citanya. Misalnya untuk bertemu dengan seorang dokter pun kadang harus ke ibu kota Kecamatan atau bisa jadi malah ada yang belum pernah bertemu dengan dokter,” ujar Ferdi Fathurohman salah satu inisiator Kelas Inspirasi di Subang.

Oleh karena itu Ferdi bersama relawan lainnya berinisiatif menyelenggarakan kelas inspirasi untuk anak-anak sekolah terutama sekolah ditempat terpencil di Subang, yaitu gerakan para profesional untuk turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita pada diri mereka. Sebelumnya, kelas inspirasi ini juga sudah dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia sejak tahun 2012 lalu.

Briefing relawan Kelas Insiprasi Subang (17/1/2016)
Briefing relawan Kelas Insiprasi Subang (17/1/2016)

Ferdi mengungkapkan saat ini para profesional dengan berbagai latar belakang profesi dan pendidikan seperti Direktur Perusahaan, Dosen, Insinyur, Guru, Dokter, Dokter Hewan, Sarjana Peternakan, Sarjana Pertanian dan lainnya sudah bergabung dengan tim relawan Kelas Inspirasi Subang.

“Tanggal 23 Januari mendatang kami akan mengunjungi SD di daerah pelosok Cijambe dan Kalijati untuk berbagi cerita dan motivasi bersama mereka,” ujar Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini seusai briefing relawan kelas Inspirasi Subang, Minggu (17/1/2016).

“Dan semua yang berpartisipasi dalam kegiatan ini benar-benar sukarelawan karena dalam kegiatan ini tidak mengenal honor, bahkan untuk kegiatan para relawan rereongan dalam hal pendanaan,” tambahnya.

Pada pelaksanaan Kelas Inspirasi tanggal 23 Januari mendatang, peserta akan dibagi menjadi 2 rombongan. Satu tim mengunjungi salah satu SD di Cijambe dan tim lainnya mengunjungi salah satu SD di Kalijati. Para relawan berkumpul di sekretariat Himpunan Alumni IPB Subang, Jalan Mbah Dongdo pukul 6 pagi. Jam 12 siang setelah kegiatan selesai, relawan berkumpul kembali ditempat yang sama untuk evaluasi.

Berita Terkait: