Kaleidoskop Subang Tahun 2015

Januari 2015

Warga kota Subang digegerkan dengan fenomena alam yang tak biasa. Kilatan cahaya petir tanpa suara terus-menerus terjadi dilangit sebelah timur Subang sejak petang sekira pukul 18.00 WIB hingga malam hari pukul 20.15 WIB Rabu (7/1/2014).

Sejak dipasang Sabtu lalu (24/1/2015) tugu baru yang oleh masyarakat disebut tugu Salender / Setum menuai kontroversi. Tugu ini sebenarnya merupakan alat berat perata jalan Tandem Roller tak terpakai yang kemudian dipasang di bundaran antara jalan Darmodiharjo dan KS Tubun. Sebagian masyarakat mengaku bingung kenapa tiba-tiba sebuah salender dijadikan tugu di depan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Subang, padahal masih banyak ikon Subang yang lain yang perlu dingkat dan diperkenalkan.

Kilatan misterius terus-menerus di langit Subang pukul 18.00 - 20.15 WIb (7/1/2015)
Kilatan misterius terus-menerus di langit Subang pukul 18.00 – 20.15 WIb (7/1/2015)

Sejarah baru tercatat, banjir bandang untuk pertama kali terjadi di pusat kota Subang. Hujan deras yang mengguyur wilayah Subang Kamis sore (29/1/2015) menyebabkan banjir bandang di Kelurahan Cigadung. Banjir yang menerjang wilayah Cigadung ini terjadi karena meluapnya sungai Cigadung yang melintas di komplek perumahan tersebut. Pihak kepolisian resort Subang terjun langsung mengevakuasi warga.

Maret 2015

Delapan orang tersangka pencurian kendaraan bermotor berhasil ditangkap Kepolisian resort Subang dalam kurun waktu Januari hingga Maret 2015. Ke-delapan tersangka tersebut merupakan pelaku kasus curanmor di 12 tempat kejadian perkara (TKP).

April 2015

Ribuan orang menyemut di sepanjang jalan Oto Iskandar Dinata, Kamis (2/4/2015) menyaksikan Pawai Alegoris dalam rangka memeriahkan HUT Subang yang ke 67. Tema yang diambil dalam pawai Alegoris kali ini adalah nanas yang merupakan salah satu ikon kota Subang. Dari tema tersebut para peserta pawai menunjukkan macam-macam hasil kreasinya yang berbentuk nanas.

muri6

2 rekor MURI dipecahkan satu hari sekaligus tepat pada hari jadinya yang ke 67, Minggu (5/4/2015). Pada pagi hari lebih dari 11.700 warga Subang berhasil memecahkan rekor makan nanas berjamaah di Alun-alun, Subang. Pada malam harinya giliran alat musik khas Kabupaten Subang  yang diganjar penghargaan MURI dengan kategori meniup alat musik tiup dengan jumlah peserta terbanyak.

Mei 2015

Berawal dari kegelisahan yang sama terhadap kondisi Subang memasuki era industrialisasi tersebut, Minggu (17/5/2015) digelar acara diskusi tentang kesiapan Subang memasuki era industrialisasi dan dampak yang ditimbulkannya  terhadap sosial, budaya dan lingkungan. Hadir dalam diskusi tersebut berbagai komunitas dan elemen masyarakat yang berasal dari utara hingga selatan Subang, diantaranya Facebooker Subang, HMI Subang, buruh dari beberapa perusahaan yang tergabung dalam FSPMI, KASBI, SPSI-LEM, SPSI, SPMKB, Akademisi dan masyarakat lainnya. Berbagai elemen ini kemudian sepakat membentuk Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP).

Diskusi Publik : Siapkah Subang Hadapi Industrialisasi??
Diskusi Publik : Siapkah Subang Hadapi Industrialisasi??

Penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals sukses menggebrak Subang, Sabtu malam (30/5/2015). Ribuan orang dari berbagai kota seperti, Purwakarta, Bandung, Cirebon, hingga Tangerang tumpah ruah di lapangan Lanud Suryadarma, Kalijati demi menyaksikan konser sang legenda.Sebagai kenang-kenangan Iwan diberi cenderamata berupa alat musik khas Subang Toleat dari ketua OI Subang.

Juni 2015

Sabtu (13/6/2015) tol Cikopo – Palimanan (Cipali) diresmikan presiden Joko Widodo, lebih cepat dari jadwal peresmian semula tanggal 15/6/2015. Tol yang merupakan bagian dari pembangunan tol Trans Jawa ini selesai sesuai target waktu pengerjaannya dan bisa digunakan pada arus mudik 2015 seperti yang diharapkan presiden Jokowi.

Tim gabungan terdiri dari Satpol PP, Dispol PP Jabar, Polres Subang, Subden POM, POM AU, dan OPD terkait dipimpin Ketua DPRD Subang Beni Rudiono dan Kepala Satpol PP Provinsi Jabar Udjwalaprana Sigit Kamis (25/6/2015) bergerak sekitar pukul 10.00 WIB menuju daerah Ranggawulung Kelurahan Cigadung Subang. Di sana mereka menghentikan dan menutup penambangan galiac C yang tak memiliki ijin.

tol cipali subang 6

Juli 2015

Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar bersama rombongan meninjau lokasi galian C di kawasan Ranggawulung Kelurahan Cigadung Kecamatan/Kabupaten Subang yang sudah ditutup tim gabungan beberapa waktu lalu, Kamis (2/7/2015). Pada kesempatan itu wagub mengingatkan para pengusaha jangan mentang-mentang mempunyai banyak uang, sehingga bisa seenaknya menginjak-injak aturan yang ada.

Mantan Bupati ke-5 Kabupaten Subang menghembuskan nafas terakhirnya. Drs. H. Rohimat yang memimpin Subang periode 1998-2003 wafat di Bandung, Rabu (15/7/2015) sekira pukul 19.30 WIB. Dari informasi yang dihimpun, beliau wafat setelah menjalani perawatan intensif di RS Boromeus, Bandung selama hampir sebulan karena penyakit kanker yang dideritanya.

Sedikitnya 130 toko dan kios di pasar Inpres Pagaden ludes terbakar, Sabtu (25/7/2015) sekitar pukul 20.30 WIB.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar tinjau lokasi galian C Ranggawulung (Foto : @Deddy_Mizwar_)

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan putra daerah Kabupaten Subang. Kamis (30/7/2015) Ipda Fauzi Pratama, STK dianugerahi Adhi Makayasa 2015 sebagai lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Pelantikan Perwira Polisi Tahun 2015  di Lapangan Bhayangkara, Kampus Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

Agustus 2015

Pukul 00.40, Minggu (9/8/2015) sebagian warga Subang merasakan getaran gempa. Seperti yang dilaporkan di media sosial, warga Subang di bagian selatan dan tengah merasakan getaran tersebut selama beberapa detik.

Puluhan pohon berusia puluhan tahun di sepanjang jalan KS Tubun Subang ditebangi  Senin (10/8/2015)  sebagai bagian dari upaya pelebaran jalan yang dilakukan pemerintah melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang.

paskibraka nasional intania kusuma wardhani subang

Masyarakat Subang patut berbangga, pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-70, salah satu putri terbaik Subang, Intania Kusuma Wardhani terpilih menjadi salah satu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional (Paskibraka) di Istana Negara.

Diduga karena kelalaian membuang bara api, kebakaran terjadi di Gunung Burangrang, yang berada di wilayah Subang, Purwakarta dan Bandung Barat, sejak Sabtu (29/8/2015). Ada dua titik yang mengalami kebakaran, yakni Blok Ciangrem berada di Kecamatan Serang Panjang Kabupaten Subang dan blok Ciherang yang masuk ke wilayah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta.

September 2015

Pengurus Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) DPC Kabupaten Subang resmi dilantik hari ini, Sabtu (12/9/2015) di Aula Pemkab Subang. Hadir dalam upacara pelantikan tersebut, Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih, Sekretaris Daerah Abdurakhman, Ketua DPRD Ir. Beni Rudiono, Ketua DPD HA-IPB Jawa Barat Dewi Sartika, Sekjen DPD HA-IPB Jawa Barat Lilis Irianingsih, Sekjen DPP HA-IPB Pusat Nelly Oswini dan Ir. Jumadi S. Witoprawiro, Dewan Pakar DPP HA-IPB.

CO3iyg7UwAAb0Ga

Pasar Sukamandi Kecamatan Ciasem terbakar Senin malam (14/9/2015) sejak sekira pukul 19.30 WIB. Api terus membesar dan tak dapat dikendalikan karena pemadam kebakaran lama tiba di lokasi. Jarak yang jauh dari pusat kota menyebabkan pemadam kebakaran terlambat tiba di sana.

Oktober 2015

Ribuan buruh dari berbagai elemen serikat pekerja,  Rabu (28/10/2015) kembali turun ke jalan. Sejak pukul 10.00 WIB massa buruh mulai memasuki kota Subang secara bergelombang. Selain mendesak ditetapkannya UMK Rp. 2.5 juta, tuntutan utama aksi mereka kali ini adalah penolakan terhadap PP No. 78 tahun 2015 yang baru saja di sahkan pemerintahan Presiden Joko Widodo. Buruh menilai peraturan pemerintah tersebut akan sangat merugikan kaum buruh.

buruh subang tolak pp no 78

Menandai 1 tahun pemerintahan Jokowi – JK, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman ditemani Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono dan Gubernur Jawa Barat serta beberapa Bupati potong tumpeng di tengah sawah desa Gardu Mukti, Kecamatan Tambak Dahan, Subang sebagai ungkapan syukur capaian  bidang pertanian setahun kabinet kerja (20/10/2015)

Areal semak di jalan raya Ciater – Tangkuban Parahu terbakar Minggu sore (25/10/2015) sekira pukul 15.30 WIB. Netizen yang kebetulan melewati jalan ini melaporkan peristiwa ini melelui akun twitternya. Sebelumnya 2 hari sebelumnya peristiwa kebakaran semak ini juga terjadi di jalan utama Subang – Bandung tersebut.

ipb 3 S subang

Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Himpunan Alumni IPB Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Subang hari ini, Sabtu (31/10/2015) melakukan penanaman padi varietas IPB3S di lahan Demfarm (lahan demonstrasi) di kampung Kiara Payung, desa Kiarasari, Kecamatan Compreng. Hadir dalam kegiatan tersebut para petani desa Kiarasari, Ketua DPRD Kabupaten Subang, perwakilan dari Koramil, KTNA, KCD Pertanian, BP4K, Dosen dan Mahasiwa UNSUB, pelajar, DPP IPB Pusat dan Perwakilan Direktorat Riset dan Inovasi IPB.

November 2015

Dewan Pengupahan Kabupaten Subang akhirnya mengeluarkan rekomendasi UMK Subang tahun 2016 senilai Rp 2.149.720. Hal itu ditetapkan dalam rapat Depekab yang digelar di kantor Disnakertrans, Jalan Mayjen Soetoyo, Subang, Jumat sore (20/11/2015). Penetapan tersebut mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 terkait aturan pengupahan. Perwakilan buruh mengaku kecewa dengan penetapan UMK tersebut. Bukan hanya masalah nilainya, buruh juga kecewa mekanisme penetapan UMK yang mengabaikan perwakilan buruh pada rapat Depekab tersebut.

buruh subang ABS 1

Pembukaan MTQ yang berlangsung di Alun-alun Subang, Selasa (24/11/2015) berlangsung semarak, dimeriahkan pawai taaruf yang diikuti ribuan peserta dari 30 kecamatan di Kabupaten Subang. Sekitar 463 kafilah perwakilan dari 30 kecamatan mengikuti MTQ ke 45 tingkat Kabupaten Subang. Jumlah tersebut menjadi yang terbesar selama pelaksanaan MTQ di Kabupaten Subang.

Desember 2015

Sekira 40 ton ikan kolam air deras (running water system) mati akibat air sungai yang keruh setelah terjadi bencana longsor di wilayah Subang tepatnya di Kampung Cipatat RT 02/01, Desa Pasangrahan, Kecamatan Kasomalang pada Jumat (18/12/15) malam. Selain puluhan ton ikan yang mati akibat longsor ini lahan sawah sekitar 2 hektar tertimbun dan 8 rumah terdekat diungsikan. Sementara tak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

longsor subang
Foto : longsor di Kasomalang akibatkan puluhan ton ikan mati (Kendiels Vin/Riezriez)

Berita Terkait: