Gagahnya Golok Made In Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Bedog/golok, pedang atau kujang selain merupakan perkakas atau pakarang (senjata) kini juga sering dijadikan hiasan karena keunikannya. Salah satu pengrajin yang kini membuat golok atau senjata yang bisa dijadikan hiasan adalah UKM Manggala Jati Diri, desa Cikadu, Kecamatan Tanjung Siang.

Adalah Manggala Pamungkas, orang yang mulai merintis pembuatan bedog hias khas Subang ini. Dirinya mencari pandai besi dan seniman ukir terbaik untuk membuat golok unik tersebut. Golok produksi Manggala Jati Diri ini merupakan hasil “kolabrasi” yang apik dari pandai besi dan seniman ukir Subang. Setelah golok dibuat oleh pandai besi selanjutnya tugas seniman ukir yang membuat gagang pegangan dan sarangka-nya sehingga tampak semakin gagah. Yang membuatnya semakin unik adalah seni ukir solder yang diterapkannya. Menurut Manggala Pamungkas inilah yang  membuat golok ini menjadi khas Subang beda dengan daerah lain.

kerajinan subang 2

Berbagai bentuk ukiran pada gagang dan sarangka golok diantaranya bentuk wayang golek, punakawan, naga, harimau, macan, barongsai, angsa dan berbagai bentuk lainnya. Para pembeli bisa memesan sesuai dengan keinginannya.

Meski baru diperkenalkan bulan Mei 2015 lalu, golok produksinya ternyata sudah banyak dipesan. Selain digemari orang Subang, golok hias ukir solder ini juga sudah di kirim ke Cirebon, Tangerang hingga Papua. Bahkan ada juga yang dari Australia juga meminta sample golok tersebut.

bedog subang

Berita Terkait: