Agar Sisingaan Tak Berubah Jadi Mahluk Luar Angkasa, Pemkab Gelar Festival

KOTASUBANG.com, Subang – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Subang menggelar 3 festival kesenian dalam 3 hari berturut-turut, yaitu festival Sisingaan, festival kepesindenan piala Titim Fatimah dan Binojakrama Padalangan di Halaman Wisma Karya (21-23/12/2015).

Pada festival Sisingaan yang baru dilaksanakan kembali setelah 3 tahun absen ini, grup Tresna Wangi berhasil menjadi juara pertama, sedangkan juara ke-2 dan ke-3 diraih oleh grup Putra Pusaka Wangi dan Setia Wargi. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh grup Omega Elin Geder.

“Pada prinsipnya ini adalah titik awal dilaksanakannya kembali festival seni Sisingaan setelah 3 tahun absen. Ini untuk memotivasi kembali para seniman,” kata Kabid Kebudayaan Disbudparpora Yatin, M.Pd seusai pelaksanaan festival Sisingaan, siang tadi (21/12/2015).

festival sisingaan subang

Ke depan Yatin berharap event ini menjadi movotivasi untuk kaderisasi Sisingaan, sehingga kesenian yang sudah diakui oleh Pemerintah Pusat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional ini tetap lestari. Festival ini menurut Yatin juga diharapkan bisa menyamakan persepsi untuk mengembalikan ruh dan jati diri Sisingaan, merujuk pada patron yang disepakati.

“Sehingga Sisingaan tidak berubah menjadi seperti mahluk luar angkasa,” pungkasnya.