Kecamatan Berikut Merupakan Pusat Pertumbuhan Kab. Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Tim riset dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESA) Sutaatmadja Selasa (1/12/2015) melakukan ekspose mengenai analisa pusat pertumbuhan Subang di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Subang.

Gugyh Susandi, M.Si dari STIESA mengungkapkan dari objek 10 kecamatan pusat pertumbuhan, 7 kecamatan merupakan pusat kegiatan lokal, yaitu berfungsi untuk melayani kegiatan skala kabupaten/kota atau beberapa kecamatan lainnya.

“Tujuh kecamatan yang merupakan pusat kegiatan lokal yaitu Pamanukan, Subang, Jalan Cagak, Ciasem, Pagaden, Pusakanagara dan Kalijati,” katanya.

Sedangkan 3 kecamatan lain yaitu Blanakan, Cibogo, Pabuaran merupakan pusat pelayanan kawasan yaitu kawasan yang berfungsi untuk melayani kegiatan skala kecamatan atau beberapa desa.

Gugyh mengatakan, temuan riset yang telah memetakan komoditi dan activity ekonomi yang menjadi basis di setiap pusat pertumbuhan kemudian dapat dijadikan data dan informasi bagi SKDP dan pemerintah kecamatan dalam menyusun rencana pembangunan ke depan.

Dirinya juga mengungkapkan perlunya membangun Good Governance (tata kelola yang baik) terkait regulasi dan profesionalsime SDM aparatur daerah pemangku kebijakan. Ia juga mengingatkan perlu peningkatan kualitas SDM pelaku usaha yang berjiwa sosial (sociopreuneur) dan sadar teknologi (technopreuneur).

Foto : Ekspose mengenai analisa pusat pertumbuhan Subang di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Subang

Artikel Terkait:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here