Ikan Lapan Crispy, Oleh-oleh Khas Pantura Subang

KOTASUBANG.com, Ciasem – Jika berkunjung ke Subang sudah menjadi kebiasaan buah nanas atau produk olahan nanas menjadi oleh-olehnya. Padahal selain nanas masih banyak produk Subang lainnya yang bisa dijadikan buah tangan. Di pantai utara (pantura) Subang misalnya, selain ikan segar, para wisatawan yang berkunjung ke sana kini juga bisa membawa produk olahan ikan sebagai oleh-olehnya.

Adalah Tuti Muhtamaroh bersama kelompok Mina Jaya sejak tahun 2012 merintis pembuatan penganan dari ikan laut yaitu dari ikan lapan. Ikan laut yang biasanya banyak terdapat di pinggir laut tersebut ia buat menjadi ikan crispy dengan 4 varian rasa yaitu original, barbeque, keju dan pedas. Rasanya yang enak membuat produknya mudah diterima pasar.

Selain rasanya yang enak, ia pun menggunakan kemasan terbaik khusus untuk makanan untuk produknya tersebut. Desain kemasannya pun tampak menarik, bahkan mampu bersanding dengan produk-produk yang biasanya dijajakan di supermarket, sehingga produknya cocok dijadikan oleh-oleh.

lapan Crispy Subang

“Dulu mah kemasannya biasa aja, tapi setelah diganti menjadi kemasan baru yang lebih bagus, permintaan produk malah jadi lebih meningkat. Gak kalah sama kemasan di mini market, banyak yang gak menyangka kalau ini produksi rumahan,” ujarnya.

Tuti bercerita, pada awal bisnisnya ia bersama suami dan anaknya bahkan rela “ngampar” di Gasibu untuk memperkenalkan produknya. Kemudian ia dibina dan sering diajak pameran oleh Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Industri Perdagangan dan Pasar serta Dinas Koperasi dan UMKM.

“Waktu awal pemasaran dulu penuh perjuangan, saya sama suami dan anak sempat ngampar produk di Gasibu, terus aprak-aprakan ke Bandung dan Jakarta,” katanya.

Ia berpesan kepada wirausahawan baru untuk tetap kerja keras, rajin dan tekun dalam memulai usaha. Menurutnya yang penting produknya dikenal dulu.

Kini usahanya membuahkan hasil, produknya mulai tersebar ke berbagai kota di Indonesia. Bahkan menurutnya kedutaan besar Belanda dan Inggris juga pernah mencicipi produknya. Sempat pula ada yang mengajaknya untuk memasok produknya ke Supermarket, tetapi ia menolaknya karena aturannya yang cukup repot. Ia mengungkapkan tanpa memasok ke supermarket pun kini setiap bulan ia mampu menjual tak kurang dari 10.000 bungkus produknya.

lapan Crispy oleh-oleh subang

“Biasanya para reseller yang pada datang ke rumah, saya mah cuma fokus produksi aja, merekalah yang menyebarkan produk saya ke berbagai kota di Indonesia” katanya.

Meskipun kini dibantu 7 orang karyawannya, pada musim-musim hajatan dan menjelang lebaran dirinya mengaku masih tetap kewalahan karena banyaknya orderan.

Selain ikan Lapan Crispy, dirinya juga membuat varian produk lain yaitu berbahan dasar udang tambak. Selain dijual satuan, kini produk-produknya tersebut juga dijual dalam bentuk parcel.

“Jadi cocok buat oleh-oleh atau buat hadiah lebaran,” pungkasnya.

LAPAN CRISPY /MINA JAYA

Kp. Sukamulya RT 03/04 Desa Muara Ciasem

Telp. 0852 9599 2227

Berita Terkait: