Nanas Subang Laris Manis di Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015

KOTASUBANG.com, Bogor – Nanas Subang laris manis di hari pertama gelaran Festival Bunga dan Buah Nusantara yang berlangsung di kampus Institut Pertanian Bogor, Baranang Siang, Bogor 27 – 29 November 2015. Ratusan kilogram nanas tersebut dibawa langsung dari Subang oleh Himpunan Alumni IPB DPC Kabupaten Subang yang membuka stand pameran di sana dan langsung ludes di hari pertama, sehingga anggota HA-IPB lainnya harus mengirim stok nanas tambahan ke Bogor.

Ferdi Fathurohman, Sekjen HA-IPB DPC Subang mengungkapkan, Himpunan Alumni IPB DPC Kabupaten Subang sengaja mengikuti event Festival Bunga dan Buah terbesar di Indonesia ini untuk mengenalkan potensi buah Subang.

“Kami, Alumni IPB Subang merasa berkewajiban mengenalkan potensi buah Subang di ajang ini. Tentu saja nanas yang merupakan icon Subang kita lebih kenalkan kembali. Selain buah nanasnya, kita juga mengenalkan berbagai produk olahan nanas, sehingga masyarakat luar Subang bisa mengenal produk-produk urang Subang.” katanya.

Menurut Ferdi, Subang memiliki potensi buah yang luar biasa, bahkan beberapa diantaranya seperti manggis dan pisang sudah masuk pasar ekspor. Buah lainnya seperti rambutan, pepaya, mangga, buah naga dan durian sudah banyak dibudidayakan di Subang.

“Ke depan selain nanas, buah-buahan Subang lainnya juga akan lebih kita kenalkan kepada masyarakat. Sehingga nantinya, selain dikenal dengan lumbung padi, Subang juga akan dikenal menjadi lumbung buah nasional,” ungkapnya.

Bahkan beberapa waktu lalu HA-IPB Subang telah menjajaki kerjasama dengan PTPN VIII untuk menanami lahan tidur PTPN VIII dengan buah lokal untuk mendukung gerakan revolusi orange yang dicetuskan IPB, yaitu gerakanĀ  pengembangan bunga dan buah nusantara.

Festival bunga dan buah nusantara 2015