Wayang Golek Modern Khas Subang Diminati Kolektor Seni

KOTASUBANG.com, Pagaden – Pengrajin handycraft Subang terus berkreasi, hasil kreativitasnya makin dikenal di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Salah satu hasil kreasi baru pengrajin Subang adalah wayang golek “modern”, hasil kreativitas Wawan pemilik Evan Art Gallery, Desa Sukamulya, Kecamatan Pagaden, Subang. Baru 2 bulan diluncurkan, hasil karyanya mulai diminati konsumen dari Jakarta dan Bandung. Kini ia tengah mengerjakan puluhan pasang wayang golek modern Rama-Shinta pesanan dari Jakarta.

Berbeda dengan wayang golek yang ada saat ini, ditangannya, wayang golek tampil lebih modis dengan warna yang lebih eye catching. Wawan memadukan warna wayang goleknya dengan paduan kain batik dengan warna senada, sehingga tampak lebih elegan. Karena kekhasan nya itulah maka wayang golek ciptaannya kemudian diistilahkan dengan nama wayang golek modern.

wayang golek modern subang 3

Rama Shinta

wayang golek modern subang 1

Nakula Sadewa

“Karena berbeda dengan yang lain, ini akan menjadi wayang golek khas Kabupaten Subang,” ujarnya.

Kali ini ia baru membuat wayang golek modern Pandawa Lima (Nakula, Sadewa, Yudhistira, Arjuna, Bima) dan Rama-Shinta. Ia menjualnya secara terpisah maupun satu paket Pandawa Lima atau Rama-Shinta.

Selain membuat wayang modern, dirinya juga membuat berbagai kerajinan lainnya, baik kerajinan ukiran dengan finishing cat maupun seni ukir dengan solder. Selain rutin memenuhi pesanan dari berbagai kota di Indonesia seperti Jogja dan Bali, handycraft-nya juga pernah diekspor hingga ke Iran.

wayang golek modern subang 4

Bima

Daerah tempat kediamannya di desa Sukamulya, Pagaden sejak dahulu memang dikenal dengan hasil kerajinannya. Dari kecil ia sudah terbiasa melihat orang tuanya membuat kerajinan. Tahun 1995 hingga tahun 2008 dirinya sempat bekerja diperusahaan eksportir handycraft di Bekasi. Hingga akhirnya sejak tahun 2008 ia mulai merintis usahanya sendiri hingga kini.

 kerajinan subang 1 kerajinan subang 2