Pesawat Jatuh di Kalijati, Seorang Pilot Tewas

Pesawat Jatuh di Kalijati, Subang (Foto : @nefnievee)

Sebuah pesawat terbang layang (glider) jatuh  di Kampung Sawah Baru, RT 08 RW 02  Desa Tanggulun Timur, Kecamatan Kalijati, Subang tadi pagi sekira pukul 09.00 WIB (4/7/2013). Kecelakaan naas yang menimpa pesawat jenis Glider G2101 tersebut menyebabkan pilot yang mengendalikan pesawat terbang layang tersebut tewas di tempat kejadian.

Identitas pilot pesawat tersebut diketahui bernama  Edward Pale, 26 tahun siswa penerbang asal Jayapura yang sedang menjalani pendidikan di Lanud Suryadarma, Kalijati. Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Penerbang Eding Sungkana mengatakan bahwa jenazah korban sudah diterbangkan menuju Papua.

Pesawat yang diterbangkan dari Lanud Suryadarma tersebut diperkirakan jatuh karena cuaca buruk. Saat kejadian di wilayah Kalijati angin cukup kencang. Namun Komandan Lanud Suryadarma menampik hal tersebut, menurutnya cuaca saat itu tidak ada masalah.

Eding juga menerangkan bahwa pesawat latih tersebut jatuh karena kehilangan kecepatan setelah terbang di atas ketinggian 1.500 kaki dari permukaan tanah. Ia juga menambahkan kondisi pesawat masih laik terbang.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi mengenai penyebab kecelakaan tersebut, TNI AU masih melakukan penyelidikan.