Inilah Rekomendasi Spot Foto Landscape di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Bagi pecinta fotografi terutama pecinta foto lanskap, berkunjung ke suatu daerah tentunya tak lengkap jika tak mengabadikan ikon atau pemandangan yang menjadi daya tarik daerah tersebut dengan mata kameranya. Jika berkunjung ke Subang daerah mana sajakah yang menarik untuk diabadiakan dengan lensa kamera? berikut rekomendasi menurut KOTASUBANG.com.

1. Pagi di Tangkuban Parahu
Pemandangan pagi hari di gunung Tangkuban Parahu sungguh mempesona. Ketika anda berdiri di atas bangunan Information Center Tangkuban Parahu dan mengahadap ke arah utara akan tampak hamparan hijau nan luas sejauh mata memandang. Itulah dataran Subang, yang membentang dari Tangkuban Parahu hingga laut Jawa di utara. Berdiri di sana Anda seolah berada di sebuah benteng raksasa yang menjadi batas Kabupaten Subang.

Keindahan lanskap saat matahari terbit di sana akan sangat indah, namun sayang lokasi wisata ini baru dibuka pukul 07.00 pagi sehingga anda tidak bisa mengabadikan keindahan sunrise-nya. Namun pemandangan di puncak gunung kebanggaan Kabupaten Subang ini pukul 7 pagi juga masih menakjubkan. Oleh karena itu datanglah sepagi mungkin jika hendak berkunjung ke Tangkuban Parahu.

subang tangkuban parahu f

subang tangkuban parahu e

2. Sunrise di Kebun Teh Ciater

Jika di Tangkuban Parahu terlarang mengabadikan sunrise, maka jangan khawatir. Subang juga memiliki spot untuk menikmati sunrise yang indah. Tak perlu bersusah payah naik gunung, di sini Anda cukup memarkirkan kendaraan dipinggir jalan raya Subang – Bandung tepatnya di kebun teh sekitar 1 km setelah perempatan Sari Ater. Kini lokasi yang berada di sekitar Vila PTPN 8 ini menjadi salah satu spot favorit bagi pecinta fotografi di Subang.

Di sana keajaiban alam tersaji dengan sempurna. Semburat cahaya jingga keemasan muncul di sela-sela gumpalan awan putih yang terlihat membeku di antara bukit-bukit. Hamparan kebun teh yang terkena sinar mentari menjadikan kreasi alam ini semakin menawan untuk diabadikan mata kamera. Keindahan terbitnya mentari di tempat ini akan sangat sempurna jika cuaca benar-benar cerah. Biasanya cuaca di tempat ini akan cerah jika malam sebelumnya hujan mengguyur daerah ini.

600x400xsubang-ciater.jpg.pagespeed.ic.-pHfHeGe2_
Ketika mentari terbit di kaki Tangkuban Parahu
600x477xciater-subang-indonesia.jpg.pagespeed.ic.cEq4briXhe
Gumpalan awan terlihat membeku diantara bukit-bukit Ciater

3. Hijaunya Kebun teh

Perkebunan teh tentu saja menjadi salah satu destinasi favorit ketika wisatawan berkunjung ke Subang, biasanya mereka selalu menyempatkan diri setidaknya untuk berfoto dengan latar belakang keindahan kebun teh. Selain di sekitar vila PTPN VIII tadi, spot kebun teh yang bagus untuk diabadikan diantaranya di sekitar Dayang Sumbi dan Gerbang Gracia. Berjalan-jalan lah sedikit di area tersebut untuk memperoleh spot foto kebun teh yang terbaik.

subang
Hijaunya hamparan kebun teh Ciater
600x389xpetani-teh-di-ciater-subang.jpg.pagespeed.ic.eGl_AShnhs
Aktivitas pagi para petani teh, di sekitar Dayang Sumbi, Ciater

4. Pesawahan di Selatan

Sebagai lumbung padi nasional, pesawahan di Subang juga merupakan obyek foto lanskap yang menarik. Terutama pesawahan di daerah selatan yang memiliki kontur berundak. Coba saja Anda berkendara melalui jalan Cagak – Sagalaherang, di kiri-kanan jalan terdapat hamparan sawah, memikat mata lensa untuk mengabadikannya. Sawah-sawah ini objek lanskap yang menarik, baik ketika dibajak, ketika menghijau ataupun ketika musim panen tiba.
Hamparan sawah lainnya yang memikat untuk diabadikan diantaranya pesawahan di kampung Bariah, desa Bojong Loa, Kasomalang. Di sana hamparan sawah tampak indah berlatar belakang gunung Canggah. Coba juga berjalan-jalan di sekitar Cisalak, sawah-sawah di pelosok desa di sana juga mempesona untuk diabadikan.

sawah subang
Sawah berundak di Sagalaherang
SUBANG SAWAH
Pesawahan di Kasomalang dengan latar belakang gunung Canggah

5. Curug/Air Terjun

Bagi pecinta foto lanskap jangan lewatkan pula untuk mencoba slow speed-an mengabadikan curug / air tejun yang banyak terdapat di daerah pegunungan Subang. Mulai dari curung Cileat, curug Cibareubeuy, curug Cijalu hingga curug-curug di sekitar Capolaga Adventure Camp merupakan objek foto lanskap yang menarik. Untuk keamanan, sebaiknya kamera Anda dilengkapi waterproof case sebelum mengabadikan keindahan curug atau jaga jarak aman ketika mengambil foto, karena cipratan/bias air curug bisa merusak kamera.

curug capolaga Subang
Curug karengbong di area Capolaga Adventure Camp, Ciater

6. Hutan Bakau dan Pantai utara

Subang dianugerahi lanskap yang lengkap, mulai dari pegunungan hingga lautan. Selain keindahan pegunungan di selatan, lanskap pantai utara Subang juga menarik untuk diabadikan. Aliran sungai ditengah hutan bakau termasuk di dalamnya aktivitas para nelayan di Kampung Cirewang, bisa menjadi objek foto yang menarik. Hamparan pasir dan pepohonan di pantai utara juga sangat indah jika dipotret pada waktu yang tepat.

Foto lanskap tentunya sangat tergantung dengan kondisi cuaca di sekitarnya. Hasil terbaik foto lanskap biasanya diperoleh ketika sunrise, pagi hari atau menjelang matahari terbenam.

720x480xsubang-cirewang-pantai.jpg.pagespeed.ic.PFRePykzak
Pepohonan kering di pantai utara Cirewang, desa Pangarengan, Kecamatan Legon Kulon
Hutan mangrove pantai Cirewang
Aliran sungai ditengah hutan bakau menuju lepas pantai utara

Selain spot-spot tersebut, Subang masih memiliki banyak keindahan tersembunyi di setiap sudutnya, menunggu untuk diabadikan, yuk siapkan kameranya!

Artikel Terkait:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here