Ronggeng Subang Pukau Warga Bekasi

KOTASUBANG.com, Bekasi – Tim kesenian Kabupaten Subang yang diwakili sanggar seni Ringkang Nonoman, Cigadung, berhasil memukau hadirin pada festival seni, budaya dan kepariwisataan yang digelar di halaman Balai Kota Bekasi, Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi, Minggu (1/11/2015).

Dalam kesempatan tersebut, Kabupaten Subang mempersembahkan pertunjukkan bertajuk “Ronggeng Subang”. Tepuk tangan riuh dari penonton mengganjar penampilan apik kontingen Subang. Apalagi di akhir pertunjukkan beberapa pejabat Pemkot Bekasi didaulat untuk turut menari Jaipong bersama para penari. Hal ini tentunya menjadi pemandangan yang menarik.

“Ronggeng Subang ini menampilkan pertunjukkan yang merupakan gabungan dari seni teatrikal, tari dan iringan musik gamelan khas Subang,” kata Nandang kusnandar, S.Sn pembina Sanggar Ringkang Nonoman menjelaskan hal tersebut kepada MC Acara.

subang festival seni bekasi

subang festival seni budaya kepariwisataan bekasi

Sementara itu praktisi seni dari Disbudparpora Kabupaten Subang, Aef Ruslan mengungkapkan turut sertanya kontingen Subang dalam berbagai kegiatan dimaksudkan untuk menunjukkan eksistensi Subang sebagai salah satu Kiblat seni Jawa Barat.

“Dalam gelaran seperti ini kita menunjukkan “wajah” kreativitas seni Subang kepada seniman lain dan masyarakat pada umumnya. Untuk itu dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten untuk kegiatan pengembangan seni sangat diperlukan,” katanya.

Sebelum mengikuti festival seni, budaya dan kepariwisataan di Bekasi, sanggar Ringkang Nonoman juga mewakili Kabupaten Subang pada gelaran parade Kemilau Nusantara di Bandung beberapa waktu lalu.

Berita Terkait: