Gepuk Warisan Nini, dari Cisalak Hingga ke Inggris

KOTASUBANG.com, Subang – Membicarakan kuliner nusantara memang tak ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya. Seperti halnya rendang di Sumatera Barat, tatar Pasundan juga memiliki kuliner khas sejenis yang terkenal kelezatannya, yaitu gepuk.

Beberapa daerah di Jawa Barat memiliki gepuk khas masing-masing. Di Subang salah satu gepuk yang terkenal adalah gepuk “Warisan Nini”, produksi Ligar Sudrajat, Cisalak. Berawal dari melayani keinginan teman dan tetangganya untuk dibuatkan gepuk, kini gepuk dari Cisalak tersebut mulai dikenal luas bahkan sudah terbang hingga ke Inggris.

“Dulu sih kami buat gepuk kalau ada acara keluarga saja di rumah, kemudian suka ada juga beberapa teman yang minta dibuatkan. Nah, dari situ saya mulai berfikir ada peluang bisnis di sana,” ujar Ligar ketika menjadii pemateri pada pelatihan wirausaha bersama PLUT-KUMKM Subang (16/10/2015).

Gepuk buatannya memang istimewa, nama “Warisan Nini” bukan sekedar merek. Nama tersebut diambil karena resep gepuk buatannya memang berasal dari leluhurnya turun temurun.

“Yang istimewa dari gepuk buatan kami adalah resep asli dari leluhur yang menggunakan rempah-rempah alami tanpa penyedap rasa atau pengawet. Kelezatannya benar-benar dari alam,” jelasnya.

Tak heran kelezatanya gepuknya cepat menyebar, mulai dari tetangga ke tetangga, kemudian semakin menyebar melalui BBM hingga gepuknya dikenal di beberapa kota di Indonesia.

“Bahkan Alhamdulillah sudah dijadikan buah tangan oleh turis yang berkunjung ke indonesia seperti dari Malaysia Singapura, Jepang, Inggris hingga Saudi Arabia,” papar Ligar.

Pria lulusan sekolah perhotelan ini memang serius menggeluti usaha pembuatan gepuknya. Berbagai perijinan usaha hingga label halal sudah lengkap dimiliki. Ia pun terus berinovasi termasuk untuk desain dan jenis kemasan makanan terbaik untuk produknya ini.

Hasilnya, tahun 2015 ini produknya meraih juara pertama lomba olahan hasil peternakan tingkat Kabupaten Subang sekaligus juara pertama tingkat Jawa Barat. Tak hanya itu belum lama ini gepuk Warisan Nini juga masuk nominasi produk dengan kemasan terbaik pada pameran Smesco Festival di Jakarta Convention Center.

Gepuk Warisan Nini
Jln Raya Cisalak Barat No. 66 Cisalak – Subang

HP 082 117 279 117 (Ligar Sudrajat)