Inilah Besaran Nilai UMK 2016 yang Disepakati Buruh Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Berbagai elemen buruh yang terdiri dari KSPSI, FSPMI, FGARTEKS KSBSI, KASBI, SPN, FSP-LEM dan SPMKB menyepakati nilai Upah Minimum Kabupaten untuk tahun 2016 setidaknya diangka Rp. 2.5 juta,-. Pertemuan beberapa elemen serikat pekerja Kabupaten Subang tersebut dilaksanakan di kantor sekretariat DPC FSP-LEM, Kamis malam (15/10/2015).

Nilai tersebut menurut Dani Afgani perwakilan dari SPMKB, jauh dari hasil perhitungan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Subang.

“Besaran nilai UMK tersebut jauh berbeda dengan Apindo yang menginginkan nilai UMK 2016 sebesar Rp. 2.050.000,- saja,” ungkapnya.

Padahal menurut Dani sesuai dengan perhitungan hasil 2 kali survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan dengan memperhitungkan inflasi, nilai UMK seharusnya ada di kisaran Rp.2.5 juta. Berdasarkan hasil kesepakatan nilai UMK tersebut juga harus dihitung berdasarkan rumusan : 100 % KHL + inflasi + PDRB.

Selain memutuskan nilai UMK, dalam pertemuan tersebut juga disepakati berbagai elemen serikat pekerja mendorong industri garment agar masuk ke dalam UMJU.

  • Waah, lumayan ayeuna mah nya subang oge umk-na. Kuring wargi subang oge kantenan ngiring bingah