Sambut 1 Muharram, Kampung Banceuy Gelar Ruwatan Bumi

KOTASUBANG.com, Subang – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriyah, kampung adat Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Ciater kembali menggelar upacara adat Ruwatan Bumi. Ritual tahunan yang biasanya digelar pada Selasa dan Rabu terakhir menjelang 1 Muharram, untuk tahun ini puncak acara bertepatan dengan hari Rabu, 14 Oktober 2015.

Odang Somyang tokoh pemuda setempat mengatakan beberapa ritual adat sudah dimulai sejak selasa pagi (13/10/2015) termasuk menghias kampung dengan janur kuning.

“Pada selasa malam (13/10) berbagai seni buhun akan ditampilkan seperti tarawangsa, gembyung dan celempung hingga menjelang pagi,” ungkapnya.

“Puncaknya pada Rabu pagi (14/10) digelar helaran melalui situs-situs atau makam leluhur kampung Banceuy. Dalam helaran tersebut para tokoh akan mengusung sepasang boneka atau disebut ngarak Dewi Sri. Kemudian berbagai kesenian termasuk gemyung, Sisingaan dan berbagai kesenian lain mengikuti arak-arakan ini,” papar Odang.

Kabid Kebudayaan Dsbudparpora Kabupaten Subang, Yatin, S.Pd mengungkapkan ritual adat Ruwatan Bumi di Banceuy merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Subang.

“Ini adalah salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Subang. Dan ini sudah menjadi agenda wisata tahunan Kabupaten Subang, banyak warga dari luar Subang yang sengaja datang untuk menyaksikan acara budaya ini,” ungkapnya.

Kabid Kebudayaan juga mengapresiasi warga masyarakat terutama pemuda kampung Banceuy yang setiap tahun bahu membahu menyelenggarakan acara ini, sehingga salah satu budaya Subang bisa lestari.