TRPIP dan STIESA Gelar Pelatihan Riset, Ajarkan Siswa Kritis Terhadap Kondisi Lingkungan Sekitarnya

KOTASUBANG.com, Subang – Puluhan siswa SMA/K dari berbagai daerah di Kabupaten Subang, hari ini, Sabtu (10/10/2015) mengikuti pelatihan riset tingkat dasar di gedung Graha Sofia, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja (STIESA) Subang yang di selenggarakan oleh Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP) bersama STIESA.

Di dampingi guru pendamping, puluhan siswa tersebut mendapatkan materi dari anggota TRPIP yang terdiri dari akademisi dari STIESA Gugyh Susandy, S.E., M.Si, dan sosiolog LIPI, Yanu Endar Prasetyo, S.Sos, M.Si. Hadir pula dalam kesempatan tersebut untuk berbagi dengan para siswa perwakilan aktivis Aliansi Buruh Subang (ABS), Dani Afgani dari SPMKB dan Esty Setyorini dari SP-LEM SPSI.

Yanu Endar Prasetyo mengungkapkan, acara ini rencananya akan digelar bertingkat, yaitu tingkat dasar untuk pelajar SMA dan untuk mahasiswa akan diadakan pelatihan tingkat lanjut.

subang trpip 4

Sosiolog LIPI Yanu Endar Prasetyo mengajarkan langsung teknik wawancara riset kepada para siswa

TRPIP SUBANG

Pihak STIESA memberikan hadiah buku kepada para siswa yang aktif dalam kegiatan pelatihan riset

“Sehingga ke depan akan banyak hasil kajian ilmiah tentang Subang yang menjadi masukan berharga bagi pemerintah dan masyarakat. Bagi peserta pelajar dan mahasiswa juga menjadi bekal keterampilan dan wawasan untuk berkompetisi di dunia kampus maupun dunia kerja,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Gugyh Susandy, menurutnya kegiatan ini sangat penting untuk membentuk generasi muda Subang yang kritis dan peduli terhadap masalah di sekitarnya.

“Pelatihan Riset Dasar ini momentum penting bagi pelajar SMA/K Subang dalam mempersiapkan dirinya menjadi generasi muda penerus yang cerdas sekaligus kritis dan peduli terhadap masalah yang terjadi di Kabupaten Subang tercinta,” ujar Gugyh Susandy yang juga menjabat sebagai Ketua LPPM STIESA.

trpip subang 2

Dani Afgani perwakilan aktivis buruh dari SPMKB berbagi pengalaman mengenai dunia kerja kepada para siswa

trpip subang 3

Foto bersama seusai acara pelatihan riset tingkat dasar

Dani Afgani aktivis buruh dari SPMKB menilai kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangat bagus. Menurutnya tidak hanya mengenalkan dunia penelitian pada siswa sekolah, namun selain itu, temanya yang mengangkat tentang industri dan buruh memberikan sesuatu yang lain dalam pemikiran mereka selama ini.

“Sesuatu di luar dinding-dinding kelas. Suatu kondisi sosial yang akan akan mereka saksikan selanjutnya, atau mungkin bahkan mereka akan ada di dalamnya,” ujarnya.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini akan mengubah paradigma image negatif yang masih dilekatkan sebagian orang kepada kegiatan para aktivis buruh. Bahwa kami juga siap berdiskusi dalam forum-forum intelektual seperti ini,” pungkasnya.

Untuk informasi, Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP) merupakan perkumpulan relawan dari berbagai elemen masyarakat, organisasi formal maupun non formal termasuk di dalamnya para akademisi, buruh, petani, pelajar, mahasiswa dan berbagai komunitas yang bekerja sama dalam pengumpulan data dan informasi publik di Subang. Data dan informasi tersebut selanjutnya akan dirumuskan menjadi berbagai rekomendasi dan akan disebarluaskan serta disampaikan sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemangku kepentingan (stake holder).