Kemenhub : Proyek Pelabuhan Cilamaya Digeser ke Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Kementerian Perhubungan menyatakan, pengganti Pelabuhan Cilamaya yang sempat gagal dibangun beberapa waktu lalu akan berada di sekitar Subang, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit mengatakan, pertimbangan lokasi tersebut sesuai dengan hasil studi yang dilakukan oleh Kemenhub dan studi terdahulu oleh Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).

“Pertimbangan yang utama kan harus dekat dengan kawasan industri Cikarang, itu yang paling penting. Di antara sembilan lokasi, salah satunya itu (Subang),” katanya, di Jakarta, Rabu (30/9).

Bobby mengatakan, jarak dari wilayah Subang ke kawasan industri Cikarang sekitar 70 kilometer atau lebih jauh dari lokasi semula di Cilamaya yang hanya 30 kilometer. “Tapi lebih lengang dibanding melewati Jakarta,” ujarnya.

Bobby mengatakan, lokasi tersebut dipilih karena memenuhi pertimbangan sejumlah aspek, baik itu dari segi pertanian, minyak dan gas, kedekatan dengan kawasan industri, sisi darat, lingkungan, dan sebagainya. “Desember ini akan dilakukan penetapannya dan dilanjutkan lelang,” ujarnya. Sejumlah negara, kata dia, sudah menyatakan minatnya untuk menggarap  proyek pelabuhan tersebut, seperti Jepang, Cina, Abu Dhabi, Belanda, hingga Singapura.

Sebelumnya, pemerintah membatalkan rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya karena tidak memenuhi sejumlah aspek, salah satunya yakni faktor pipa migas ONWJ Pertamina yang melintang di bawah laut kawasan tersebut sehingga dinilai membahayakan. (Republika)