Abon Jantung Pisang Produksi Subang Tembus Ke Bali

KOTASUBANG.COM, Ciater – Peluang usaha selalu ada di sekitar kita, jika kita jeli, alam telah menyediakannya, tinggal kita belajar mengolahnya. Acih misalnya, ditangan kreatifnya jantung pisang yang biasanya tidak dilirik siapapun, bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Ia mengolahnya menjadi abon pisang yang nikmat.

Acih bercerita awalnya ia belajar mengolah jantung pisang tersebut setelah mengikuti pelatihan Desa Mandiri Gotong Royong tahun 2010 lalu.

“Dari situ saya bersama beberapa ibu-ibu terus mengembangkannya sampai sekarang,” kata Acih di kediamannya Kampung Cilimus, Desa Cisaat, Ciater, Selasa (29/9/2015).

Kini abon jantung pisang hasil produksinya mulai dikenal masyarakat, biasanya para pembeli dating langsung ke rumah produksi sekaligus kediamannya di Ciater. Bahkan ia punya pelanggan tetap yang membawa abon jantung pisangnya ke Bali.

“Beberapa waktu lalu ada mahasiswa dari Bandung dan Papua yang sengaja ke sini borong abon, dan kalau pelanggan hampir tiap bulan ada yang membawa abon jantung pisang ini ke Bali,” papar Acih.

Menurut pelanggannya tersebut, abon pisang buatannya bahkan bisa mengobati sakit perut.

“Katanya begitu, makannya dia selalu borong,” tambahnya.

Sebenarnya produksi abon jantung pisang hanya produk sampingannya saja, selain membuat abon pisang Acih juga membuat papais Cisaat sebagai produk utamanya.

Selain memenuhi pesanan di sekitar Subang, meskipun hanya bertahan 10 hari papis Cisaat buatannya juga sudah di jual di beberapa kota seperti Bandung dan Ciirebon, bahkan pernah juga ada yang membawanya sampai Qatar.

Papais Cisaat & Abon Jantung Pisang
Kp. Cilimus RT 11/03
Ds. Cisaat
Kec. Ciater
HP. 0821 3084 2768