Produk Unik Subang Dipamerkan di SMESCO Festival Jakarta

KOTASUBANG.com, Jakarta – Difasilitasi Dinas Kopersi dan UMKM Kabupaten Subang bersama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) Subang, puluhan produk UMKM Kabupaten Subang dipamerkan dalam acara Smesco Festival yang di gelar di Jakarta Convention Center, 1-4 Oktober 2015.

Produk-produk khas Kabupaten Subang, mulai dari berbagai olahan nanas seperti coklat nanas, sirup dan dodol nanas hingga aneka keripik dan kerupuk khas dipamerkan di sana. Berbagai produk unik hasil kreativitas KUMKM Subang juga turut dipajang, seperti dendeng eceng gondok, abon oncom, abon ikan, abon jantung pisang, gepuk warisan, keripik rendang, sirup lidah buaya, beras hitam, manisan tomat, jahe instan hingga rujak nanas instan yang tak ada di tempat lain. Tidak ketinggalan batik ganasan dan produk handy craft Subang seperti lampu hias, ukiran hingga wayang golek modern.

Diantara Kota/Kabupaten di Jawa Barat hanya 2 Kabupaten yang membuka secara khusus stand pameran di sana salah satunya Kabupaten Subang. Menurut Kabid Bina Usaha Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang, Drs. Suwitro, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Subang memang sangat aktif dalam pengembangan KUMKM, salah satunya dengan mengikuti berbagai pameran. Hal ini menurutnya merupakan salah satu media untuk menunjukkan produk KUMKM Subang mampu bersaing dengan daerah lainnya.

“Apalagi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah dihadapan, produk KUMKM kita harus mampu bersaing baik dengan produk dari luar,” ujarnya disela-sela persiapan pameran SMESCO Festival (30/9/2015).

smesco subang festival

Tim Dinas Koperasi dan KUMKM Subang bersama PLUT-KUMKM Subang dalam persiapan pameran SMESCO Festival 2015 di Jakarta Convention Center

Sementara itu salah seorang pendamping dari PLUT- KUMKM Subang, Arif Bijaksana, mengungkapkan acara pameran seperti ini akan membuka peluang pasar bagi KUMKM.

“Acara pameran seperti ini akan membuka peluang pasar , terutama untuk mengenalkan produk-produk baru KUMKM Subang ,” ungkapnya.

Namun, karena keterbatasan tempat hanya sebagian produk KUMKM saja yang bisa dipamerkan di SMESCO Festival.

“Produk KUMKM lainnya juga nanti berkesempatan mengikuti pameran-pameran selanjutnya, terutama produk-produk yang unik dan inovatif pasti kita ikut sertakan,” ujar pendamping PLUT-KUMKM lainnya, Supriyatna.