Pesan dari Lulusan Program Beasiswa Ke Luar Negeri Pemkab Subang Untuk Anak Muda

KOTASUBANG.com, Subang РMasih ingat program pemerintah Kabupaten Subang yang memberikan beasiswa  kuliah ke luar negeri tahun 2010 lalu? Kini Cevi Herdian, salah satu penerima beasiswa tersebut tengah melanjutkan pendidikan S2-nya di Jerman. Ditemui di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Subang beberapa waktu lalu, Cevi berbagi cerita tentang pentingnya pendidikan karakter kepemimpinan di kalangan pelajar Subang.

“Para pelajar itu harus di-insert dengan ideologi atau pemikiran-pemikiran hingga timbul keinginan untuk menjadi pemimpin,” ujar pria lulusan SMAN 1 Subang tahun 2010 ini.

“Apalagi saat era otonomi daerah seperti sekarang, Bupati memegang kuasa atas jalannya pemerintahan di daerah. Harusnya lebih banyak lagi masyarakat Subang yang mau jadi Bupati untuk memajukan daerahnya. Saatnya tanah sendiri diolah sendiri,” tambahnya.

Selain itu menurut Cevi, anak muda harus memiliki karakter yang kuat untuk merubah dirinya ke arah lebih baik.

Misalkan karena keterbatasan biaya, bukan berarti anak muda Subang tidak bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

“Dengan keinginan yang kuat saya yakin dengan berbagai cara yang awalnya tidak memiliki biaya juga bisa kuliah, misalkan dengan bekerja terebih dahulu beberapa lama, kemudian hasil bekerja tersebut dijadikan modal kuliah, ” paparnya.

Kini anak petani dari Subang ini tengah mengenyam pendidikan S2-nya mendalami matematika bisnis di Jerman. Karena nilai bidang keahlian khususnya mencapai nilai 100% ia pun sudah ditawari melanjutkan pendidikan S3 di kampusnya tersebut.

Ditanya mengenai tanah kelahirannya, Subang, Cevi menjawab singkat;

“Subang itu kota penuh cinta, karena saya lahir disini maka saya harus memajukan Subang,” pungkasnya.

(Foto : Cevi Herdian (tengah) ketika masih di Eropa/ Facebook)