Sayang! Di Subang Jarang Ditemui Aksara Sunda

KOTASUBANG.com, Subang – Sudah tidak digunakan lagi, aksara sunda kini diambang kepunahan. Hasil karya budaya ini kini hanya dijadikan penghias di papan nama kantor dan petunjuk jalan di berbagai kota di Jawa Barat. Bahkan di Subang, aksara ini hampir tak dijumpai di manapun. Dalam rangka pelesatrian akasara sunda tersebut Dinas pariwisata dan budaya Jawa Barat mengadakan acara sosialisasi aksara sunda di Wisma Karya, Rabu (16/9/2015).

“Kelestarian aksara sunda perlu dijaga jangan sampai punah karena sudah tidak digunakan lagi, oleh karena itu acara sosialisasi ini sangat penting dilakukan, kami menyambut baik pihak Disparbud provinsi menyelenggarakan acara seperti ini di Subang, ” ujar Yatin, Kabid Kebudayaan Disbudparpora Subang.

“Ke depan saya juga berharap aksara sunda digalakan kembali di dunia pendidikan melalui pengajaran kepada para siswa, lanjutnya.

Acara sosialisasi yang berlangsung sehari ini diisi dengan seminar, eksibisi dan pertunjukkan seni sunda. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Drs. Idin Baidillah, M.Pd, Dr. Tedi Permadi, M.Hum, Dadan Sutisna, ST dan Dian Hendrayana, M.Pd.

Dinda, salah seorang warga Subang menyambut baik acara sosialisasi aksara sunda ini. Menurutnya aksara sunda ini sangat penting karena menjadi salah satu identitas orang sunda.

“Namun sayang, di Subang aksara sunda ini, hampir tidak ditemukan di manapun. Padahal di kota lain, setidaknya aksara sunda dapat dilihat di kantor-kantor pemerintahan atau di papan petunjuk jalan,” katanya menyayangkan.