Resmi Dilantik, Himpunan Alumni IPB Subang Siap Bersinergi Bangun Pertanian Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Pengurus Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) DPC Kabupaten Subang resmi dilantik hari ini, Sabtu (12/9/2015) di Aula Pemkab Subang. Hadir dalam upacara pelantikan tersebut, Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih, Sekretaris Daerah Abdurakhman, Ketua DPRD Ir. Beni Rudiono, Ketua DPD HA-IPB Jawa Barat Dewi Sartika, Sekjen DPD HA-IPB Jawa Barat Lilis Irianingsih, Sekjen DPP HA-IPB Pusat Nelly Oswini dan Ir. Jumadi S. Witoprawiro, Dewan Pakar DPP HA-IPB.

Dalam sambutannya Ketua Hiimpunan Alumni IPB Jawa Barat Dewi Sartika mengungkapkan kebanggaannya atas dilantiknya pengurus Himpunan Alumni IPB Subang ini.

ipb subang 2

Prosesi pelantikan pengurus HA-IPB DPC Kab. Subang dipimpin ketua HA-IPB DPD Jawa Barat

himpunan alumni ipb subang

Sekjen DPP HA-IPB Nelly Oswini tandatangani surat tugas kepengurusan HA-IPB DPC Kab. Subang

“Ini merupakan Himpunan Alumni IPB pertama di Jabar yang dilantik dalam sebuah upacara resmi, saya juga bangga melihat para alumnus IPB Subang yang mau kembali ke daerahnya dan membangun Subang,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekjen DPP HA-IPB Nelly Oswini. Ia mengatakan apa yang dilakukan HA-IPB DPC Subang ini akan menjadi contoh bagi daerah lainnya.

“Melihat apa yang dilakukan di Subang, Himpunan Alumni IPB dari Kabupaten lainnya juga meminta diadakan upacara pelantikan secara resmi,” katanya.

Nelly juga melihat, meskipun baru dilantik hari ini, HA-IPB DPC Kabupaten Subang ini telah banyak melakukan kegiatan positif.

himpunan alumni ipb subang 2

Acara silaturahmi dan pelantikan pengurus HA-IPB DPC Kab. Subang

Sementara itu wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih menyambut baik dilantiknya para pengurus HA-IPB Subang ini, ia berharap hadirnya Himpunan Alumni IPB secara resmi di Kabupaten Subang ini pembangunan pertanian di Kabupaten Subang semakin meningkat.

“Subang memiliki lahan pertanian dan juga perkebunan yang luas, dengan kemampuan yang dimiliki para lulusan IPB ini saya yakin pertanian di Kabupaten Subang akan semakin maju,” ungkapnya.

Ketua DPRD Beni Rudiono juga mengungkapkan, dari jaman kekuasaaan Belanda dan Inggris dahulu Subang sudah dijadikan wilayah pertanian dan perkebunan. Menurutnya hal ini harus dipertahankan, dan dengan sinergi dari para alumni IPB kemajuan pertanian di Subang dapat terwujud.

himpunan alumni ipb subang 3

Wakil Bupati Subang, Ketua DPRD Subang dan Sekda Subang terima buku dari Sekjen DPP HA-IPB

Ketua DPC HA-IPB Subang terpilih, Agus Masykur Rosadi mengungkapkan keberadaan Himpunan Alumni IPB di Kabupaten Subang sejalan dengan visi Kabupaten Subang yaitu “Terwujudnya Kabupaten Subang sebagai Daerah Agribisnis, Pariwisata dan Industri yang Berwawasan Lingkungan dan Religius serta Berbudaya melalui Pembangunan berbasis Gotong Royong”.

“Kabupaten Subang memiliki lahan pertanian sekitar 85 ribu hektar, 21 ribu hektar perkebunan dan 17 ribu lahan hutan.  Artinya hampir semua wilayah Kabupaten Subang dari mulai Tangkuban Parahu sampai pantai utara adalah  ranah alumni IPB untuk berperan membangun Subang,” jelasnya.

Acara pelantikan tersebut ditutup dengan keynote speech “Indonesia Agri-Incorporated, Revolusi Pembangunan Pertanian Menuju Visi Indonesia 2045″ oleh Ir. Jumadi S. Witoprawiro, Dewan Pakar DPP HA-IPB.

Ir. Jumadi mengungkapkan perlunya Revolusi Pembangunan Pertanian.  Revolusi pertanian tersebut mencakup revolusi 6 (enam) aspek penting dan utama pembangunan pertanian, yakni: revolusi pengembangan kelembagaan pertanian,  revolusi pengembangan kepemimpinan dan SDM pertanian, revolusi pengembangan inovasi dan teknologi pertanian, revolusi pengembangan komoditas pertanian, revolusi pengembangan infrastruktur pertanian, dan revolusi pengembangan kebijakan pertanian.