Dinas Pertanian Subang Bersama Tim Upsus Pajale Siap Capai Target Swasembada

KOTASUBANG.com, Subang – Luas lahan pertanian di Kabupaten Subang mencapai 84.570 Hektare, luas tersebut merupakan nomor tiga di Jawa Barat setelah Indramayu dan Karawang atau nomor 5 di Indonesia. Namun demikian produktivitas pertanian di Kabupaten Subang masih di atas daerah-daerah tersebut. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang, Endang Sutarsa ketika menyambut tim  rapat koordinasi antara pendamping Upsus Pajale (Upaya Khusus Swasembada Padi Jagung dan Kedelai) dengan Dinas Pertanian Kabupaten Subang di Aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan, jalan Aipda KS Tubun, Subang, Selasa (1/9/2015).

upsus pajale subang 3

Perwakilan dari Bappeda, Kepala Dinas Pertanian dan Koordinator Pendamping Upsus Pajale dalam rapat koordinasi di Aula Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Subang (1/9/2015)

“Capaian panen kita selalu meningkat setiap tahun ditengah semakin tergerusnya lahan pertanian Subang. Tahun 2013 mencapai 950 ribu ton, tahun 2014 mencapai 1.15 juta ton dan tahun 2015 target kita 1.5 juta ton. Target ini semoga dapat terealisasi didukung dengan program Upsus Pajale ini,” ujar Endang.

upsus pajale subang 2

Rapat koordinasi Upsus Pajale di Aula Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Subang (1/9/2015)

Dosen dari Institut Pertanian Bogor sekaligus pembimbing para pendamping Upsus Pajale di Subang, Ferry mengungkapkan pihaknya siap berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait di Kabupaten Subang untuk menyukseskan program pencapaian swasembada ini.

“Ada 17 pendamping Upsus Pajale yang disebar dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Subang. Sebagian besar dari mereka merupakan alumni IPB asal Kabupaten Subang,” kata Ferry.

Selanjutnya menurut Ferry pihaknya yang juga turut dikawal oleh Himpunan Alumni IPB DPC Subang akan melakukan Demplot penanaman padi menggunakan benih IPB 3S di daerah sekitar Compreng dan Cipunagara.

Sementara itu Himpunan Alumni DPC Kabupaten Subang mendukung penuh tercapainya  swasembada padi jagung dan kedelai yang kini tengah digalakkan pemerintah melalui program Upsus Pajale ini. Hal itu diungkapkan sekjen HA IPB DPC Subang Ferdi Fathurohman.

“Alumni IPB mempunyai andil yang sangat besar dalam kemajuan pertanian di indonesia. Begitu pula dengan alumni IPB Subang harus memegang peranan penting dalam mensukseskan program swasembada ini dengan turut ambil bagian sebagai pendamping, mendampingi proses budidaya dan penerapan teknologi serta pengawasan program ini” kata Ferdi.

“Diharapkan dengan adanya pendampingan ini bisa membantu petani dalam menjalankan program dengan baik sehingga swasembada bisa tercapai” pungkasnya.