Duh!, Subang Termasuk 5 Daerah di Jabar Yang Belum Punya Desain Tata Ruang

KOTASUBANG.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengklaim hampir seluruh seluruh kabupaten kota sudah merampungkan desain rencana tata ruang. Dari 27 kabupaten dan kota, kurang dari lima daerah yang belum punya.

Dua di antaranya adalah Kabupaten Subang dan Kota Banjar. Hal itu disampaikan Aher usai membuka acara diskusi publik bertema ‘Penegakan Hukum Terhadap Kejahatan Tata Ruang’ di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (20/8/2015).

subang

“Kebanyakan daerah sudah selesai. Kita sih ingin bikin rekor, kalau Jabar sudah seluruhnya beres. Memang sejak dua tahun lalu saya pengen deklarasi bahwa Jabar ialah provinsi di Indonesia yang penyelesaian tata ruangnya tercepat dan lengkap,” tutur Aher.

Menurutnya daerah yang belum menyelesaikan desain tata ruang akan rugi karena menghambat pembangunan daerah tersebut. “Investasi terhambat, perizinan terkait tata ruang juga terhambat,” ujar Aher.

Aher yakin tiap pemerintah kabupaten dan kota segera menyelesaikan rencana desain tata ruang tanpa perlu didorong Pemprov Jabar. Sebab, sambung dia, rencana tata ruang sangat diperlukan.

“Enggak mungkin pembangunan fisik serta investasi lancar tanpa tata ruang yang sudah disepakati. Kalau tata ruang belum disepakati dan belum jadi perda, tentu investasi akan terhambat,” tuturnya. (detik)