Perayaan HUT RI Ke-70 Di Pelosok Subang Lebih Meriah

KOTASUBANG.com, Subang – Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di Subang diisi dengan berbagai acara. Di pusat kota peringatan HUT Kemerdekaan di awali dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Alun-alun Subang, Jalan Wangsa Gofarana, Subang. Upacara yang dipimpin oleh Bupati Subang Ojang Sohandi ini ditandai dengan dentuman meriam dan pertunjukkan teatrikal dari para pelajar.

Dalam upacara tersebut Pembacaan UUD 45 disampaikan oleh  Kajari, Datuk R Anwar dan pembacaan Pancasila oleh Ketua Pengadilan Negeri, Tachyan  serta Pembacaan Proklamasi oleh Ketua DPRD Kab Subang, Ir. Benny Rudiono.

Sementara itu suasana peringatan hari lahir Republik Indonesia di pelosok Subang terasa lebih meriah. Di kampung-kampung di Subang warga menyelenggarakan berbagai kegiatan khas “agustusan”. Sementara itu, kemacetan bahkan sempat terjadi di beberapa kota kecamatan karena adanya pawai alegoris. Di alun-alun Pagaden, seperti halnya di Alun-alun Subang perayaan HUT Kemerdekaan juga dimeriahkan dengan drama kolosal. Di Pagaden, acara kemudian dilanjutkan dengan pawai dijalanan kota Pagaden. Ribuan pelajar dan masyarakat terlihat bersemangat melalui podium kehormatan di depan Mapolsek Pagaden.

Peserta karnaval HUT RI di Purwadadi (Foto : MK Saepulloh)

Peserta karnaval HUT RI di Purwadadi (Foto : MK Saepulloh)

Di kecamatan Purwadadi ribuan warga juga tumpah ruah di jalananan. Mulai dari Sisingaan, mamanukan, babarongsaian hingga “ogoh-ogoh” banteng raksasa di arak warga Purwadadi. Tak ketinggalan pasukan ontelis dan teatrikal lucu dari warga Purwadadi memeriahkan acara.

Demikian juga di Jalan Cagak, kemacetan terjadi selama beberapa jam karena adanya karnaval Agustusan. Warga mengarak berbagai dongdang dan berbagai atraksi kesenian. Karnaval serupa juga terjadi dibeberapa kecamatan lainnya dan sempat menyebabkan kemacetan.

Sementara itu perayaan HUT RI diisi oleh warga desa Sawangan, Cipeundeuy dengan menggelar perlombaan Grasstrack.