Jelang HUT RI ke-70, Aktivis Bersihkan Tugu Benpas

KOTASUBANG.com, Subang – Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-70 puluhan aktivis peecinta lingkungan membersihkan Tugu Bendeng Pancasila Subang yang berada di Alun-alun Benteng Pancasila, Jalan S. Parman, Subang, Sabtu (15/8/2015). Para pegiat lingkungan ini berasal dari Riuangan Masyarakat Pencinta Senin (Rampes), Kelompok Pencinta Alam Subang (Kompas), KBPA dan PA Wana Bhakti.

Selain memberisihkan sampah yang menumpuk disekitar benteng tersebut, masyarakat dan aktivis juga membersihkan bagian dinding tugu yang penuh dengan coretan.

Jelang HUT RI ke-70, Aktivis Bersihkan Tugu Benpas

Jelang HUT RI ke-70, Aktivis Bersihkan Tugu Benpas (Foto : alam Rantjatan)

Menurut koordinator aksi, Alam Rantjatan, aksi membersihkan Benteng Pancasila yang merupakan simbol keteguhan warga Subang dalam memegang dasar negara pancasila dari rongrongan kelompok komunis itu dalam rangka kegiatan rutin bakti sosial (baksos) dan sekaligus menyambut HUT RI ke 70 tahun.

“Asalnyakan tugu ini bersih, ini merupakan simbol kebanggan Subang maka dari itu harus dikembalikan kondisi awalnya,” katanya.

“Mari kita maknai hari kemerdekaan ini dengan aksi nyata. Kita harus berbuat untuk perubahan walaupun itu cuma hal kecil. Seperti halnya membersihkan tugu ini dari sampah dan coretan yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” lanjutnya.