Subang Diprediksi Bakal Saingi Purwakarta di Bidang Ini

KOTASUBANG.com, Purwakarta – Investasi di Kabupaten Purwakarta diprediksi akan tersaingi kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Subang seiring dengan kehadiran Tol Cikopo – Palimanan.

Jauh sebelumnya, investasi di Kabupaten Purwakarta dinilai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Purwakarta, Jan Syahri lebih maju.

“Tol Cipali sebetulnya sarana mempercepat pembangunan sektor industri Purwakarta dari sisi biaya lebih mudah mengakses ke seluruh wilayah, apalagi dengan rencana Bandar Udara di Kertajati dan Pelabuhan di Subang. Tentunya ini sebuah harapan baru dalam artian akses transportasi ke untuk ekspor dan impor lebih mudah. Tapi, Kabupaten Subang justru bisa menyalip Purwakarta,” kata Jan di Purwakarta, Jumat (14/8/2015).

Kabupaten Subang, kata dia, dengan memiliki akses langsung ke Tol Cipali akan menjadi daerah investasi baru di Jawa Barat. Sehingga, kata dia, kedua daerah itu akan bersaing sebagai daerah investasi baru.

ilustrasi kawasan industri

ilustrasi kawasan industri

“Purwakarta sebagai daerah investasi, secara geografis sangat strategis tapi dalam kaitan kemajuan investasi, sekarang Purwakarta tengah bersaing dengan Kabupaten Subang. Apa yang menjadi daya tarik Subang, pengurusan izin mereka lebih mudah, begitu juga dengan Purwakarta. Dan wilayah Subang, mereka jauh lebih luas dari Purwakarta sehingga harus lebih bersaing lagi agar lebih baik,” kata dia.

Keterangan Jan cukup beralasan. Apalagi, kawasan industri saat ini di Purwakarta yang strategis berada di jalur Tol Cipali dan Tol Cipularang seperti Kecamatan Campaka, Cibatu, Bungursari, Babakan Cikao dan Jatiluhur sudah padat.

“Sehingga Purwakarta memang butuh daerah investasi baru, sejauh ini pemerintah mengusulkan daerah Sukatani, Plered dan Tegalwaru untuk jadi daerah investasi baru dan saya rasa itu sangat positif,” ujar Jan. (Tribun Jabar)