Hari Pramuka, Ratusan Pramuka Kunjungi Museum Daerah Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Bertepatan dengan hari Pramuka ke-54 ratusan Pramuka dari Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Subang hari ini, Jumat (14/8/2015) mengunjungi Museum Daerah Subang (Museum Wisma Karya), jalan Ahmad Yani, Subang. Sekira 600 pramuka yang berasal dari berbagai sekolah di Kecamatan Subang tersebut secara bergiliran memasuki area museum.

Sebelumnya ratusan Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak ini mendapat penjelasan mengenai pengetahuan “kemuseuman” dari petugas museum, Ahmad Soleh di selasar Museum. Setelah itu secara berkelompok para Pramuka ini bergiliran melihat-lihat koleksi Museum kebanggaan Subang ini.

pramuka museum daerah subang wisma karyauptd museum subang

“Sudah pernah ke museum ini??” tanya Ahmad kepada pramuka.

“Beluummm…!!,” serentak mereka menjawab.

Menurut Ketua Kwaran Subang, Dede O. Hasanah, M.Pd hal ini lah yang membuat pihaknya mengagendakan kunjungan ke Museum Daerah Subang pada Jambore Pramuka kali ini.

“Dengar sendiri kan, ternyata hampir semua anak belum pernah mengunjungi museum ini. Masa mereka tidak tahu di Subang ada museum, padahal kan ini di kecamatan Subang,” ujarnya.

“Semoga saja dengan kunjungan ke sini mereka semakin mencintai daerahnya. Jangan pula kita melupakan sejarah, semoga ini bisa memupuk nasionalisme kita dan anak-anak,” tambahnya.

museum daerah subang pramuka pramuka museum daerah subang 2

Dede juga menjelaskan jumlah pramuka yang mengikuti Jambore dan Diklat pemimpin Sangga kali ini berjumlah 890 orang.

“Untuk agenda hari ini kami membagi 2 lokasi kunjungan, sekitar 600 peserta memilih mengunjungi museum Daerah Subang (Wisma Karya) dan sisanya mengunjungi Rumah Sejarah di Lanud Suryadarama,” jelasnya.

Sementara itu Kepala UPTD Museum Daerah Subang, Yusep Wahyudin menyambut baik kunjungan pramuka tersebut.

“Ini merupakan awal yang baik walaupun penataan Museum belum ke arah konsep yang di harapkan, tetapi animo dari masyarakat Subang sangat antusias. Penting dicatat, kunjungan sekitar 600 orang dalam satu waktu ini merupakan rekor kunjungan terbanyak ke UPTD Museum Subang, sebelumnya kunjungan terbanyak hanya sampai 250 orang,” katanya.

Yusep berharap anak-anak pramuka ini merasa terkesan dan ingin kembali datang ke museum sesuai keinginan mereka sendiri, tanpa perlu diarahkan oleh guru atau pembina.

“Inilah merupakan tantangan bagi museum Subang, agar museum memberikan kesan yang menyenangkan dan membuat pengunjungnya ingin kembali lagi ke museum,” pungkasnya.