Wakili Jabar, Putri Subang Jadi Paskibraka Nasional Pada Upacara HUT RI ke-70 di Istana Negara

KOTASUBANG.com, Subang – Masyarakat Subang patut berbangga, pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-70 mendatang, salah satu putri terbaik Subang, Intania Kusuma Wardhani terpilih menjadi salah satu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional (Paskibraka) di Istana Negara.

Siswa SMA Plus Astahanas ini berhasil mewakili Jawa Barat bersama seorang Paskibraka Jabar lainnya yang bernama Raynandhika Renarand dari SMA 10 Kota Bogor. Keduanya bergabung dengan wakil Paskibraka Propinsi lainnya untuk bertugas pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia senin mendatang (17/8/2015). Setiap Propinsi di Indonesia masing-masing diwakili 2 Paskibraka terbaiknya.

Terpilihnya Intania menjadi wakil Jabar di Paskibraka Nasional telah melalui beberapa tahap seleksi yang sangat ketat. Mulai dari seleksi tingkat sekolah, Kabupaten, kemudian Propinsi.

“Sebelumnya, puluhan siswa telah kita seleksi mulai dari seleksi tingkat sekolah kemudian seleksi tingkat Kabupaten. Empat orang diantara mereka kemudian terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat propinsi. Dari ke-4 siswa tersebut, Alhamdulillah, satu diantaranya bisa lolos menjadi Paskibraka Nasional,” ujar Kasi Kesiswaan Dinas Pendidikan (Disdik) Arie Tarjana Nataraharja, M.Pd yang juga Pembina Paskibra Kabupaten Subang.

paskibraka nasional intania kusuma wardhani subang

Intania Kusuma Wardhani dari SMA Plus Astahanas, Subang wakili Jabar jadi Paskibraka Nasional 2015

Hal ini menurut Arie merupakan suatu kebanggaan, bukan hanya bagi orang tua dan sekolahnya, tetapi juga menjadi kebanggaan masyarakat Subang dan Jawa Barat. Lolosnya putri Kabupaten Subang menjadi Paskibraka Nasional merupakam penantian panjang. Ari mengatakan, setelah 8 tahun, akhirnya satu putra Subang bisa kembali menjadi Paskibraka Nasional

“Ini sejarah bagi Kabupaten Subang, tahun 2007 atau 8 tahun yang lalu putra Subang yang bernama Cecep Maulana juga menjadi Paskibraka Nasional. Bahkan ketika itu siswa SMKN 2 Subang itu menjadi pembentang sang Saka Merah Putih,” ungkapnya.

Namun sampai saat ini, belum dipastikan Intania diposisikan di mana pada Paskibraka Nasional.

“Kita doakan saja, semoga saja Intania ada di pasukan 8, mudah-mudahan saja jadi pembawa baki Sang Saka Merah Putih,” lanjut Arie.

Selain Intania yang lolos menjadi Paskibraka Nasional, satu wakil Subang yang bernama Muhamad Nur Fariz dari SMAN 3 Subang akan bertugas pada upacara peringatan HUT RI ke-70 tingkat Propinsi Jawa Barat di Bandung. Sedangkan untuk pengibaran dan penurunan Sang Saka Merah Putih tingkat Kabupaten Subang telah terpilih sebanyak 35 anggota Paskibraka Kabupaten.

“Semoga semuanya bisa menjalankan tugas dengan baik,” pungkas Arie. (baca juga : 34 Putra Terbaik Subang, Siap Tunaikan Tugas Negara”)