34 Putra Terbaik Subang Siap Tunaikan “Tugas Negara”

KOTASUBANG.com, Subang – Tiga Puluh Empat (34) siswa terbaik dari berbagai pelosok daerah Kabupaten Subang tengah digembleng fisik maupun mental agar dapat melaksanakan “tugas negara” dengan baik yaitu mengibarkan Sang Saka merah putih pada peringatan HUT Kemerdekan RI ke-70 di Alun-alun Subang, Senin (17/8/2015) mendatang. Setiap hari mereka berlatih mengibarkan dan menurunkan bendera di Alun-alun Subang. Jika tak ada aral melintang ke-34 siswa ini akan dikukuhkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten oleh Bupati Subang, Ojang Sohandi, Sabtu esok (15/8/2015).

“Sebelumnya, puluhan siswa telah kita seleksi mulai dari seleksi tingkat sekolah kemudian seleksi tingkat Kabupaten. Empat orang diantara mereka kemudian terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat propinsi. Dari ke-4 orang tersebut satu diantaranya terpilih menjadi anggota Paskibraka Propinsi dan seorang lagi bahkan bisa lolos menjadi Paskibraka Nasional,” ujar Kasi Kesiswaan Dinas Pendidikan (Disdik) Arie Tarjana Nataraharja, M.Pd yang juga Pembina Paskibra Kabupaten Subang.

“Sedangkan untuk tingkat Kabupaten kita sudah memilih 35 orang anggota Paskibra, namun sayang seorang diantaranya tak bisa melanjutkan karena sakit,” lanjutnya.pasakibraka subang

paskibraka subang 2

Arie mengungkapkan menjadi anggota Paskibra adalah suatu kebanggaan, bukan hanya bagi dirinya tapi juga bagi orang tua mereka. Bagaimana tidak, dari ribuan siswa yang ada di Subang cuma terpilih 35 orang saja yang bisa mendapatkan pengalaman sekali seumur hidup ini. Lebih dari itu siswa yang terpilih akan mendapatkan latihan dasar kepemimpinan yang merupakan modal dasar pengembangan pribadi.

“Ini sebuah proses pendidikan karakter yang bermanfaat bagi siswa calon perwira bangsa agar memiliki¬† jiwa patriotisme dan nasionalisme” kata Arie.

Salah seorang siswa SMKN 1 Subang Syafik Faridan Thoriq, mengungkapkan kebanggaannya menjadi salah satu pasukan pengibar bendera.

paskibraka subang 4

“Senang bisa dapat banyak pengalaman dan bangga sekali bisa terpilih menjadi salah satu anggota Paskibra,” ujar Syafiq yang mengaku sudah mengikuti Paskibra sejak dibangku SMP.

Hal senada diungkapkan siswi SMKN 1 Cipunagara Sherly Trianti. Menurutnya meskipun harus melalui seleksi yang ketat dan cukup berat akhirnya ia bisa lolos dan menjadi kebanggaan tersendiri.

“Bangga banget, apalagi baru kali ini sekolah saya bisa lolos jadi anggota Paskibra Kabupaten,” ungkapnya sumringah.

Baik Syafik maupun Sherly mengaku bahagia bisa mengenal teman-teman baru dari berbagai daerah di Subang. (baca juga : Wakili Jabar, Putri Subang Jadi Paskibraka Nasional Pada Upacara HUT RI Ke-70 di Istana Negara)