LIPI Luncurkan Layanan Jasa TTG Satu Pintu di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (Pusbang TTG) – Lembanga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Subang, hari ini, Kamis (13/8/2015) menggelar Media Gathering dan Launching Layanan Jasa TTG Satu Pintu di kantor Pusbang TTG – LIPI, jalan KS Tubun No. 5 Subang. Acara diisi dengan dialog bertema “Sumbangsih LIPI bagi Pembangunan di Kabupaten Subang”. Hadir sebagai narasumber¬† Ketua DPRD Kabupaten Subang, Ir. Beni Rudiono, Ketua Dekopinda Kabupaten Subang, H. Daeng Ma’mur Thahir, SE dan Lukman Nurhakim, S.Ikom dari media massa. Selain diskusi, pada kesempatan itu dipaparkan pula hasil-hasil Litbang Pusbang TTG serta demo alat teknologi tepat guna.

Kepala Pusbang TTG LIPI Subang, Yoyon Ahmudiarto mengungkapkan acara ini dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi antara stake holder, sosialisasi berbagai kegiatan LIPI dan diseminasi hasil litbang, serta untuk memperkuat kerjasama dengan media untuk menyebarluaskan informasi hasil penelitian.

pusbang ttg lipi subang

Diskusi “Sumbangsih LIPI bagi Pembangunan di Kabupaten Subang”

pusbang ttg lipi subang 2

Penyerahan secara simbolis buku saku Layanan Jasa TTG Satu Pintu kepada Ketua DPRD Subang

“Saya berharap ini menjadi kegiatan rutin, semoga bisa ada pertemuan-pertemuan seperti ini bersama kami di SKPD atau di Perguruan Tinggi di Subang,” ujarnya.

“Kita siap bekerjasama dengan berbagai pihak di Subang, untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada. Sekarang ini kami juga fokus pada problem solving dahulu, baru kemudian nanti pada penciptaan penemuan-penemuan baru (invention),” jelasnya.

Dalam kurun waktu keberadaannya di Kabupaten Subang sejak tahun 1986, Pusbang TTG LIPI (dulu BPTTG-LIPI) sudah banyak menyumbangkan hasil penelitiannya yang diaplikasikan di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Subang. Pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna untuk pemberdayaan masyarakat dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan misi utama lembaga ini.

pusbang TTG LIPI subang 5

Suasana Media Gathering dan Launching Layanan Jasa TTG Satu Pintu

Yoyon mengungkapkan saat ini Pusbang TTG LIPI Subang tengah melakukan pendampingan penerapan teknologi di beberapa daerah di Subang, diantaranya pengembangan sentra produk ketela pohon dan pendampingan UKM produk tersebut di Tanjung Siang, pengembangan peternakan sapi terpadu di Compreng, alih teknologi ke perusahaan minuman jus di Cibogo dan pengembangan pakan ternak di Dawuan.

Pusbang TTG LIPI berupaya meningkatkan layanannya dengan launching Layanan Jasa TTG Satu Pintu tersebut. Layanan ini merupakan sarana penyederhanaan prosedur, pemusatan informasi dan pemusatan pelayanan untuk penyingkatan waktu (respon time) pelayanan demi peningkatan kualitas serta kuantitas layanan dan kepuasan kepada stakeholder pengguna TTG di Indonesia.

Adapun layanan jasa TTG satu pintu ini meliputi, jasa Informasi TTG, jasa kunjungan, jasa perpustakaan, jasa konsultasi, jasa pelatihan, jasa narasumber, jasa maklon proses produksi, jasa pembuatan peralatan TTG, jasa kerjasama penelitian dan pengembangan TTG dan jasa pameran TTG.

pusbang ttg lipi 6

Demo alat Teknologi Tepat Guna produksi Pusbang TTG LIPI Subang

pusbang ttg lipi subang 1

Demo alat pembuat mie (bukan mie gandum) produksi Pusbang TTG LIPI Subang

“Harapannya dengan adanya Layanan Jasa TTG Satu Pintu ini seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Subang dapat menggali manfaat dalam menggali informasi, menambah pengetahuan, wawasan, serta keterampilan dengan menggunakan teknologi tepat guna yang ada di Puspang TTG, demi kemajuan bersama, jelas Yoyon.

Ketua DPRD Subang, Ir Beni Rudiono menyambut baik dibukanya layanan jasa TTG satu pintu ini.

“Subang memiliki potensi yang luar biasa, dan dengan teknologi yang dimiliki LIPI pasti akan bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Subang,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Dekopinda Kabupaten Subang, H. Daeng Ma’mur Thahir, SE. Menurutnya, selain iklim ekonomi yang harus dibangun baik oleh eksekutif dan legislatif, keberadaan LIPI di Subang juga harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Apalagi sekarang statusnya sudah dinaikan (menjadi Pusbang TTG LIPI), ini harus bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten Subang,” kata Daeng.