Puluhan Pohon di Jalan KS Tubun Ditebang

KOTASUBANG.COM, Subang – Puluhan pohon berusia puluhan tahun di sepanjang jalan KS Tubun Subang ditebangi. Berdasarkan pantauan KOTASUBANG.com, hingga Selasa (11/8/2015) proses penebangan tersebut masih berlangsung.

Salah seorang petugas penebang pohon, Ucok mengatakan penebangan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya pelebaran jalan yang dilakukan pemerintah melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang.

“Iya, akan ada proyek pelebaran jalan. Ini programnya Binamarga,” katanya singkat.

Aktivis lingkungan sangat menyayangkan aktivitas penebangan pohon tersebut dilakukan tanpa sosialisasi terlebih dahulu.

“Sangat disayangkan tidak ada sosialisasi terlebih dahulu, tahu-tahu sudah ada penebangan. Inikan seharusnya ada sosialisasi dulu terhadap masyarakat sekitar, sehingga kami yang peduli terhadap lingkungan tidak merasa kaget,” kata aktivis lingkungan dariĀ  Masyarakat Sadar Lingkungan (MASSAL), Alam Rantjatan, Senin (10/8/2015).
pohon ditebang subang
“Selama ini kegiatan penenaman pohon selalu di gembor-gembor pemerintah, tapi kenapa saat akan penebangan tidak diberitahukan kepada masyarakat, supaya masyarakat tahu bahwa penebangan pohon itu untuk pelebaran jalan misalnya,” katanya.

Pihaknya sangat mendukung dengan pembangunan infrastruktur, salah satunya upaya pelebaran jalan tersebut. Tapi bukan serta merta menebang pohon begitu saja karena proses pohon sampai jadi besar seperti itu membutuhkan waktu puluhan tahun lamanya. (W/KBE)