Sanggar Seni Sadewa, Selamatkan Harga diri Kabupaten Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Sanggar Seni Sadewa Compreng hari ini, Sabtu (8/8/2015) mengikuti seleksi lomba tari nasional di Taman Mini Indonesia indah (TMII) Jakarta. Dalam keterbatasan dana, Sanggar Seni Sadewa membawa nama Kabupaten Subang dalam lomba tari bergengsi ini. Tarian apik berjudul Nyi Mas Putri Mantrial berhasil memukau para penonton yang memenuhi area pertunjukan Anjungan Jawa Barat di TMII.

Namun sayang kali ini Sanggar Seni Sadewa belum berhasil masuk nominasi. Namun demikian menurut pelatih tari Aef Ruslan, S.Sn keberangkatan Sadewa dalam keterbatasan dana ke Jakarta harus diapresiasi.

“Sanggar Seni Sadewa sudah “menyelamatkan” harga diri kabupaten Subang dalam ajang bergengsi ini. Dalam keterbatasan dana mereka tetap berupaya hadir mewakili Kabupaten Subang,” ujarnya.

Aef mengungkapkan menjalankan misi sebagai wakil daerah adalah sama dengan mempertaruhkan gengsi atau harga diri daerah. Namun disayangkan menurut Aef di Subang terkadang lomba seni dianggap hal yang biasa, penghargaannya belum sejajar dengan kegiatan atau misi olahraga.

Sanggar Seni Sadewa mengikuti lomba tari di Jakarta

Sanggar Seni Sadewa mengikuti lomba tari di Jakarta (Foto : @NiniSubang)

Padahal menurut Aef, lomba karya seni tari atau sejenisnya yang berkaitan dengan misi kesenian di tingkat provinsi, nasional maupun internasional, adalah tolak ukur hasil pemberdayaan dan pembinaan dari instansi terkait yang membidanginya.

“Bagaimana sumber daya dan potensi seni tersebut bisa berkembang dan populer? Jawabannya ada di penggiat seni, sumber daya yang terlatih dan pemerintah sebagai pembina untuk mendorongnya,” lanjutnya.

Aef menegaskan, perlu digaris bawahi Subang merupakan barometernya dan vocal color kesenian Jawa Barat. Khususnya seni pertunjukan Subang merupakan sumber inspirasi para kreator di Jawa Barat.

“Bagamana selanjutnya memanfaatkan atau mengelola potensi ini? Silahkan tanya pada ahli dan bagaimana kebijakan yang menaunginya di Subang saat ini!,” pungkasnya. (baca juga : Sanggar Seni Sadewa, Harumkan Nama Subang Melalui Seni)