Status Lanud Suryadarma Kalijati Dinaikan Menjadi Tipe A

KOTASUBANG.com, Subang – Status Lanud Suryadarma Kalijati dinaikan yang asalnya tipe B menjadi tipe A. Pengukuhan ditingkatkannya status tersebut berlangsung di lapangan Skuadron 7 dipimpin Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Agus Dwi Putranto, Jumat (7/8/2015). Dengan peningkatan status Lanud Suryadarma menjadi tipe A, pangkat pejabat yang memimpinnya juga disesuaikan. Apabila sebelumnya ketika masih berstatus tipe B dijabat seorang kolonel, kini setelah menjadi tipe A dipimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat marsekal pertama.

Dengan peningkatan status tersebut sekaligus dilakukan serah terima jabatan Komandan Lanud Suryadarma. Kini Lanud Suryadarma resmi dipimpin Marsekal Pertama TNI Suparmono menggantikan pejabat lama Kolonel Pnb Tahyodi.

Patung Marsekal Suryadarma, "Bapak AURI"

Patung Marsekal Suryadarma, “Bapak AURI”

Dalam sambutannya Agus mengungkapkan, Lanud Suryadarma sebagai salah satu pangkalan yang berada di jajaran koopsau I mengemban tugas pokok di antaranya menyiapkan dan melaksanakan pembinaan serta mengoperasikan seluruh satuan dalam jajarannya. Selain itu membina pula potensi dirgantara serta menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya.

“Mengingat tugas penting tersebut, TNI AU memberikan perhatian besar agar tugas pokok lanud ini bisa diwujudkan. Salah satu di antarnya dengan meningkatkan tipe pangkalan udara Suryadarma dari asalnya tipe B menjadi tipe A,” ujarnya.

“Lanud Suryadarma menjadi home base untuk jajaran TNI AU yang telah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan jajaran institusi lainnya. Oleh karena itu, Lanud Suryadarma harus mampu menjadi ujung tombak angkatan udara,”lanjutnya.