Sisingaan Akan Ditampilkan pada Jambore Dunia Pramuka di Jepang

KOTASUBANG.com, Subang – Kesenian khas Subang Sisingaan akan tampil pada gelaran Jambore Dunia Pramuka ke-23 yang akan berlangsung di Kirara-hama, Yamaguchi, Jepang 28 Juli hingga 8 Agustus 2015.

“Untuk persiapan ke Jepang tersebut, saat ini anggota pramuka hasil seleksi tengah berlatih Sisingaan di Cibubur,” ujar pelatihnya Aef Roeslan, S.Sn dari Disbudparpora Kabupaten Subang.

Di Cibubur sebanyak 456 anggota pramuka dari seluruh Indonesia bergabung untuk kemudian secara bertahap diberangkatkan ke Jepang. Selain Sisingaan para anggota kontingen pramuka ini juga akan menampilkan kesenian Indonesia lainnya seperti tari saman, angklung dan beberapa kesenian lainnya.

sisingaan-subang

“Sisingaan sendiri akan tampil dalam karnaval Jambore Dunia tersebut,” katanya.

Menurut Aef adalah sebuah kebanggaan kesenian khas Kabupaten Subang bisa ditampilkan dalam event internasional yang diikuti ribuan peserta dari berbagai negara.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Subang, Sisingaan bisa mewakili Indonesia untuk dipertunjukkan di acara akbar ini,” pungkasnya.

Sebelumnya Sisingaan sebagai kesenian khas Kabupaten Subang memang sudah beberapa kali dibawakan dalam berbagai gelaran Internasional untuk memperkenalkan Indonesia.

Berita Terkait: