Wow! Ternyata Bumi Punya Kembaran

Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menemukan kembaran Bumi yang mengitari bintang seperti matahari di Bima Sakti. Peneliti menganggap, planet tersebut ‘akan terasa seperti rumah’.

Planet Kepler 452b berumur enam miliar tahun, memiliki 385 hari dalam setahun. Jaraknya sendiri sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cygnus.

“Ini sangat menarik, karena Kepler 452b menerima spektrum dan intensitas cahaya yang sama seperti kita di Bumi,” kata ahli astronomi Univesitas Nottingham Trent, Dr Daniel Brown, seperti dilansir Telegraph, Kamis (23/7/2015).

“Ini berarti tanaman dari planet kita bisa tumbuh di sana jika terdapat bebatuan dan atmosfer. Anda bahkan bisa melakukan tanning seperti saat liburan,” lanjutnya.

Wx1oG5WnYZ

Dilansir dari Telegraph.co.uk, kapal ruang angkasa Kepler sendiri telah mencari tanda-tanda dunia baru di luar sistem Tata Surya sejak Mei 2009 silam dan berhasil menemukan kurang lebih 4.000 planet yang berada di ‘Zona Goldilocks’, bisa terlalu panas atau dingin untuk dapat ditinggali.

Namun, pada Kamis (23/7/2015) ini, NASA mengumumkan mereka telah menemukan 500 planet baru untuk ditambahkan ke 4.175 planet lain yang telah ditemukan sebelumnya oleh teleskop, dan 12 planet disebut-sebut menyerupai bumi. Namun, Kepler 452b adalah planet pertama dari 12 planet yang ditemukan Nasa.

Planet tersebut memiliki diameter 60 persen lebih besar dari Bumi dan dianggap sebagai salah satu planet terbesar. “Hari ini, Bumi sedikit lebih kecil, karena ada planet baru,” kata Peneliti Nasa, Jon Jenkins. (Metro)

Berita Terkait: