Sekda Subang : Ada Tol Cipali, Sektor Industri dan Pariwisata Berkembang Pesat

KOTASUBANG.com, Subang – Beroperasinya Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menstimulasi percepatan pembangunan kawasan industri. Di Kabupaten Subang, contohnya. Sebagai salah satu dari empat wilayah yang dilintasi Tol Cipali, Kabupaten Subang mengalami perkembangan sektor industri yang sangat pesat.

“Sejak dibangunnya Tol Cipali, perkembangan sektor industri besar sekali. Sebelumnya, Kabupaten Subang menyediakan 10.000 hektar zona industri, dan sudah mau habis,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Abdurakhman, usai pertemuan dengan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hermanto Dardak, Kamis (9/7/2015).

Selain industri, dampak positif juga terjadi pada sektor pariwisata. Menurut Abdurakhman, saat ini kunjungan wisatawan ke obyek wisata Sari Ater, meningkat tajam. Guna mendukung peningkatan pengembangan industri dan sektor pariwisata sebagai penopang ekonomi, Pemerintah Kabupaten Subang membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dalam peningkatan infrastruktur penunjang yang saat ini masih kurang memadai.

tol cipali subang
Menanggapi hal tersebut, Kepala BPIW Hermanto Dardak mengatakan, saat ini BPIW mengembangkan 35 Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) di Indonesia Salah satunya adalah WPS Jakarta-Cirebon yang yang termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Subang.

“Subang sebagai salah satu pusat pelayanan jasa, mencakup Kecamatan Kalijati yang memiliki kawasan industri dengan pertumbuhan pesat diharapkan akan semakin efektif melalui infrastruktur PUPR yang ke depannya bisa kita rancang untuk betul-betul berkembang sesuai dengan peluang yang ada,” tutur Hermanto.

Untuk itu, dibutuhkan koordinasi dan komitmen bersama antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten serta pihak swasta dalam melaksanakan perannya masing-masing selama jangka waktu tertentu.

Hermanto mencontohkan, Kabupaten Bekasi, yang memegang komitmen dan menjalankan perannya secara maksimal. Sehingga Kabupaten Bekasi sekarang dikenal sebagai kawasan industri dengan pertumbuhan harga tinggi.

“Kalau model-model seperti itu bisa kita bina untuk Kabupaten Subang, dan diarahkan ke depan agar dapat bersinergi dengan Kementerian PUPR. karena BPIW juga mengikat diri dengan sektor lain seperti Kementerian Perindustrian, Perhubungan dan lain-lain,” tambah Hermanto. (Kompas)

Berita Terkait: