Habis Lebaran, Atlet PON Dari Berbagai Provinsi Berlatih di Subang

Balap Sepeda Sea Games 2011 di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – MENGENAL medan adalah bagian dari kunci sukses di nomor jalan raya balap sepeda. Subang pun jadi lokasi incaran latihan menjelang PON XIX.

Selepas Lebaran ini, Kabupaten Subang akan mendapat tamu-tamu istimewa. Mereka adalah para pebalap sepeda nomor jalan raya. Belum akan ada balapan di Kabupaten Nanas itu. Para pebalap itu datang untuk meningkatkan kemampuan dalam latihan.

Satu kontingen, setidaknya, sudah memastikan segera merapat ke Subang. Mereka adalah para pebalap sepeda dari Sulawesi Selatan. Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulawesi Selatan siap menggelar pemusatan latihan jangka panjang di Subang untuk mematangkan dan meningkatkan kemampuan atlet sebelum berlaga di Pra-PON 2015.

Wakil Ketua II ISSI Sulsel Basri di Makassar, Rabu (1/7), mengatakan sengaja memilih berlatih di daerah itu karena memiliki karakter jalanan yang penuh tanjakan. Selain itu, tentu saja karena daerah tersebut juga akan menjadi lokasi babak kualifikasi PON 2015.

“Kami akan bertolak ke Subang untuk agenda pemusatan latihan usai Lebaran. Untuk pemilihan lokasi, tentu saja karena karakternya yang cocok dan untuk pengenalan lokasi Pra-PON nanti,” jelasnya.
Untuk pelaksanaan pemusatan latihan tersebut, pihaknya akan melibatkan 10 atlet yakni Reza (Makassar), Wawan Ridwan (Makassar), Ramdana (Makassar), Guntur (Parepare), Rahmatul Asri, Syaiful (Kabupaten Bantaeng), dan Renoval Budi (Gowa) Muh Ikhsan (Bone), Sabil (Pangkep) serta Muchlis untuk nomor donwhill.

Tujuh nama awal merupakan pebalap untuk kategori road race. Sedangkan tiga sisanya merupakan pebalap untuk nomor downhill atau sepeda gunung. Para atlet tersebut akan didampingi satu pelatih yakni Indrawadi dan Syahrir A Kumba yang bertindak sebagai mekanik.

Balap Sepeda Sea Games 2011 di Subang
Balap Sepeda Sea Games 2011 di Subang

“Kami tidak ingin atlet kaget ketika melihat kondisi lintasan lomba sehingga kami putuskan untuk menjalani TC. Soal peluang tentu masih terbuka meski kami masih menunggu perkembangan setelah TC nanti,” katanya.

Pengprov ISSI Sulsel sebelumnya telah mengagendakan uji coba ke sejumlah daerah di Sulsel sebagai upaya meningkatkan kemampuan seluruh atlet, sebelum Ramadan. Adapun sejumlah daerah yang menjadi tujuan tes kemampuan atlet di antaranya Kabupaten Bone, Luwu, Luwu Timur, Palopo dan Kabupaten Tanah Toraja.

Pemilihan daerah tersebut, menurut dia, karena memiliki karakter yang cocok. Kondisi jalan yang memiliki cukup banyak tanjakan dinilai bagus untuk meningkatkan kondisi fisik dan kemampuan seluruh atlet sebelum tampil di Pra-PON.

Adapun rute tur daerah yang akan dilaksanakan Pengprov ISSI Sulsel, kata dia, dimulai dari Kabupaten Bone, Sulsel menuju Siwa, Belopa Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Palopo, Tanah Toraja dan kembali ke Makassar.

“Pemusatan latihan memang kita perlukan agar bisa bersaing dan lolos ke PON 2016. Untuk peluang masing-masing atlet, kita tentunya masih akan melihat hasil dari TC nanti,” ujarnya. (Inilah)

Berita Terkait: