Pesawat Hercules Jatuh, 113 Penumpang Tewas

KOTASUBANG.com, Medan – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna memastikan semua penumpang pesawat, termasuk kru, sebanyak 113 orang, tewas dalam kecelakaan pesawat Hercules di Medan.

“Total ada 113 penumpang. Kalau yang selamat tak ada. Jenazah baru ditemukan 49 orang. Ini saya mau mengecek ke Rumah Sakit Adam Malik,” kata Agus, di lokasi kejadian, kepada Metro TV, Selasa (30/6/2015).

Agus juga mendapatkan laporan jika 23 jenazah di antaranya sudah bisa diidentifikasi. Namun, ia belum bisa memastikan siapa saja mereka karena harus mengeceknya ke RS Adam Malik.

Atas kejadian ini, Agus memerintahkan seluruh pesawat Hercules tipe B untuk tak terbang selama investigasi belum rampung.

Tragedi jatuhnya pesawat Hercules (Foto : Okezone)

Tragedi jatuhnya pesawat Hercules (Foto : Okezone)

“Saya berharap hasil investigas bisa segera keluar. Kalau tidak, seluruh pesawat Hercules tipe B tak akan bergerak. Bagaimana kita akan mengangkut logistik tentara ke seluruh Indonesia,” jelasnya.

Pesawat Hercules C-130 A1310 milik TNI AU jatuh di Jalan Letjen Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni. Pesawat jatuh sekitar pukul 11.48 WIB atau dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan. Pesawat rencananya akan menuju Pangkalan Udara Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. (MetroTV)