Masjid As-Sa’adah Jadi Lokasi Wisata Religi Favorit di Subang

KOTASUBANG.com, Ciater – Siapa tak mengenal masjid As-Sa’adah. Masjid yang dikenal dengan sebutan masjid kubah biru ini menjadi tempat wisata religi favorit warga Subang dan sekitarnya. Meskipun berada dalam komplek resort Lembah Sarimas tak menjadikan masjid ini eksklusif, siapapun bisa dengan leluasa beribadah di sana. (baca juga : Masjid-masjid Terindah di Subang )

Masjid tersebut diberi nama Masjid Jami As- Sa’adah, diambil dari nama pemrakarsanya, yakni almarhumah Hj. Elizabeth Sa’adah.

Kubah masjid yang dilapisi keramik biru dengan aksen diagonal yang membentuk mozaik indah menjadikan masjid ini unik. Bentuk mozaik kubah melambangkan kesetaraan, keserasian, dan kesatuan dalam pola pandang dan pola pikir. Adapun jendela di bagian bawah tubuh kubah dimaknai sebagai kesatuan beberapa pemikiran. Garis- garis biru yang saling bersilang dari bagian atas jendela menuju puncak melambangkan suatu kesatuan pemikiran yang bermuara di satu titik, yakni Allah SWT.

Masjid As Saadah, Ciater

Masjid As Saadah, Ciater

Warna biru tua dan kuning yang mendominasi kubah dan pucuk menara mengandung arti kerja sama, cerdas, bersemangat untuk maju, dan mempunyai toleransi tinggi ke arah yang lebih baik. Selain kubah, masjid pun memiliki keunikan pada bentuk lancip empat pucuk menara. Bentuk dan pewarnaan menara serta kubah ini mengingatkan pada bentuk masjid bersejarah di Rusia, yakni Masjid Kul Sharif.

Di samping digunakan untuk melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya, pihak resort juga memaksimalkan keberadaan masjid dengan membuat paket wisata religi saat bulan Ramadhan, terdiri dari i’tikaf, ceramah, dan pendampingan rohani. Sebuah terobosan dalam konsep wisata religi yang patut diapresiasi. (dunia masjid / kotasubang.com)