Ikan Terbesar Di Kolam Pancing Ada Di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Seiring dengan diresmikannya Tol Cipali Sabtu, (13/5/2015) sebuah destinasi wisata yang akan menjadi ikon wisata Subang juga dibuka yaitu pemancingan Panorama Lembah Gunung Kujang. Lokasi wisata yang sebelumnya bernama Lembah Gunung Kujang ini akan menjadi salah satu ikon wisata karena keunikannya yaitu memiliki kolam pemancingan yang didalamnya terdapat belasan ikan monster berukuran raksasa yang berasal dari dalam-maupun luar negeri.

Karena keunikannya tersebut tak tanggung-tanggung lokasi wisata ini meraih 3 rekor sekaligus dari 3 lembaga rekor Indonesia dan dunia pada acara peresmiannya. Museum Rekor Indonesia (Muri) mencatat lokasi wisata pancing itu sebagai kolam pemancingan dengan koleksi ikan terbesar. Lalu Rekor Holders Republic (RHR) Registry of Official World Records mencatat sebagai The Largest Fish Wich Can Be Fished in General Fishing Food and Record atau ikan terbesar yang ada di pemancingan ikan. Sementara Original Record Indonesia (ORI) mencatatkan lokasi wisata pancing sebagai prestasi kreator kolam pemancingan dengan beberapa jenis ikan besar predator air tawar.

“Saat ini terdapat 18 jenis predator ikan air tawar dalam satu kolam pancing. Diantaranya Arapaima, Tiger Fish, Jengiskan, Gurame Albino, dan beberapa ikan dengan ukuran monster lainnya,” kata pemilik tempat, Sutikno di lokasi wisata Panorama Lembah Gunung Kujang.

Arapaima

ARAPAIMA. Jenis ikan monster yang ada di kolam pancing Panorama Gunung Kujang, Subang

Pemancingan Panorama Lembah Gunung Kujang yang terletak di jalan raya Subang – Bandung Km 11 ini sebenarnya sama seperti kolam pancing keluarga lainnya. Namun di sana terdapat kolam pancing yang diklaim pertama di Indonesia yang di dalamnya merupakan semua ikan jenis ikan predator berukuran raksasa yang tak jarang menjadi buruan kolektor. Salah satu ikan yang terbesar adalah Ikan Arapaima seberat 80,95 kg, lingkar badan 99cm, dan panjang 180 cm.

Menurutnya Sutikno ikan-ikan monster ini sulit di dapat, sebagian besar ia peroleh dari kolektor dengan harga yang tak sedikit. Kedepan ia akan terus menambah koleksi ikan raksasa di kolam pancingnya ini. Sutikno berharap kolam pancing dengan konsep ikan monster tersebut bisa menjadi ikon wisata baru di Kabupaten Subang.

“Ini satu-satunya kolam pancing ikan monster saya berharap bisa menjadi unggulan wisata Indonesia di mata dunia,” katanya.