Tol Cipali Dibuka, Gratis Selama 7 Hari

KOTASUBANG.com – Subang – Setelah diresmikan Presiden RI Joko Widodo di Gerbang Tol Cikopo Desa Cikopo Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, Sabtu (13/6), Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) akan digunakan besok Minggu (14/6).

“Setelah diresmikan, Tol Cipali akan dibuka untuk sosialisasi tanpa tarif selama minimum 7 hari dan diperuntukkan bagi kendaraan golongan 1,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Achmad Gani Ghazaly Akman di sela peresmian.

Hal senada dikatakan Wakil Direktur PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto.

“Personel, peralatan dan kendaraan layanan operasional jalan Cipali sudah siap dan jalan tol akan dibuka untuk kendaraan golongan 1 pada Minggu (14/6) pukul 00.00,” ujarnya.

tol cipali

Ia mengatakan, kontruksi Tol Cipali dimulai pada Februari 2013 dan ditargetkan selesai Agustus 2015.

“Namun ini lebih cepat. Dan Cipali ini punya 6 seksi, 8 rest area, 7 pintu masuk dan 7 simpang susun,” ujarnya.

Pembangunan Tol Cipali sendiri dilaksanakan PT Lintas Marga Sedaya melalui komposisi pemegang saham adalah PLUS Expressways Berhard sebesar 55 persen dan PT Baskhara Utama Sedaya sebesar 45 persen dengan total investasi Rp 12,56 triliun dan masa konsesi 35 tahun.

Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh Konsorsium PT Karabha Griyamandiri-PT Nusa Raya Cipta Joint Operation. (Tribun Jabar)