Tol Cipali Diresmikan, Berikut Fakta di Balik Tol Terpanjang Tersebut

KOTASUBANG.com, Subang – Hari ini, Sabtu (13/6/2015) tol Cikopo – Palimanan (Cipali) diresmikan presiden Joko Widodo, lebih cepat dari jadwal peresmian semula tanggal 15/6/2015. Tol yang merupakan bagian dari pembangunan tol Trans Jawa ini selesai sesuai target waktu pengerjaannya dan bisa digunakan pada arus mudik 2015 seperti yang diharapkan presiden Jokowi. (baca juga : Tol Cipali Dibuka, Subang Siapkan Zona Wisata Komprehensif)
Berikut fakta-fakta mengenai jalan Tol yang membelah Jawa Barat ini,
1. Tol Terpanjang di Indonesia
Tol Cipali merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 116,75 km membentang dari Cikopo, Purwakarta hingga Palimanan, Cirebon.  Tol Cipali akan memangkas jarak Cikopo – Palimanan hingga 40 kilometer ketimbang pengendara melewati jalur Pantura. Jalan tol ini terhubung dengan jalan tol Jakarta – Cikopo yang berjarak 73 Km.
Tol Cikopo-Palimanan terbagi menjadi enam seksi. Seksi I, Cikopo-Kalijati sepanjang 29,12 km, seksi II, Kalijati-Subang sepanjang 9,56 km, seksi III Subang-Cikedung sepanjang 31,37 km. Kemudian dilanjutkan seksi IV Cikedung-Kertajati 17,66 km, seksi V Kertajati-Sumberjaya 14,51 km, dan seksi VI Sumberjaya-Palimanan 14,53 km.
Di wilayah Subang tol Cipali memiliki 2 tol gate yaitu di Kalijati dan Cilameri.
tol cipali subang

Tol Cikopo – Palimanan ruas Purwadadi

2. Pembangunan hampir empat tahun

Pembangunan Tol Cipali menghabiskan waktu selama 4 tahun. Dimulai pada 8 Desember 2011 pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diresmikan 13 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo . Jalan tol tersebut memiliki masa konsesi selama 35 tahun.

3. Biaya pembangunan tol Cipali

Berdasarkan data Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), biaya investasi untuk pembangunan ruas tol yang dioperatori oleh PT Lintas Marga Sedaya (LMS) itu mencapai Rp12,5 triliun dan biaya konstruksi Rp7,7 triliun. Totalnya mencapai Rp20,2 triliun.

4. Kapasitas Kendaraan tol Cipali

Sementara ini ruas Tol Cipali ini diperkirakan akan mampu menampung 25 ribu kendaraan per hari.

5. Tarif Tol

Besaran tarif yang telah ditentukan untuk melintasi tol terpanjang di Indonesia tersebut sebesar Rp 96 ribu untuk golongan I. Tarif ini  lebih mahal dari rencana tarif awal yang ada di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebesar Rp 750 per KM atau sebesar Rp 87 ribu. (baca juga : Cipali Dibuka Gratis Selama 7 Hari)