TMMD ke-94 Selesai, Masyarakat Ucapkan Terima Kasih Kepada Kodim 0605 Subang

KOTASUBANG.com, Jalan Cagak – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa [TMMD] yang ke-94 hari ini, Rabu [27/5/5/] secara resmi ditutup oleh wakil Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih di lapangan desa Curug Rendeng, Kecamatan Jalan Cagak.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan wakil Bupati Subang, Pangdam III Siliwangi Mayjend TNI Dedi Kusnadi Thamim mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bersinergi mensukseskan TMMD ke-94 tahun 2015. Menurutnya TMMD ke-94 ini telah menunjukkan hasil cukup signifikan, terlihat dari tercapainya pembangunan fisik sarana, prasarana dan penyuluhan yang telah dirasakan masyarakat secara nyata.

“Selanjutnya kita harus berusaha agar program TMMD yang merupakan program lintas sektoral antara TNI  depeartemen, pemerintah daerah dan masyarakat ini bisa bertahan, sehingga secara bertahap tapi pasti masalah di desa bisa kita selesaikan,” ungkapnya seperti yang dibacakan wakil Bupati.

tmmd subang 3 tmmd subang

“Kemauan masyarakat untuk menggunakan dan merawat serta melanjutkan pembangunan yang telah dirintis ini adalah tujuan paling penting dari TMMD kali ini,” pesannya.

Sementara itu dalam paparannya dihadapan muspida, Dandim 0605 Subang, Letkol Arm Yani Ari Sasongko menjelaskan sasaran kegiatan fisik yang telah dibangun di Curung Rendeng diantaranya pengaspalan jalan sepanjang 1 km, pembuatan TPT sepanjang 100 m, pembuatan gorong-gorong plat  buah, perbaikan rutilahu 6 unit, pengecatan mushola 4 unit, pelaburan poskamling 4 unit dan penanaman 3500 batang pohon. Selain itu ada pula kegiatan non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat diantaranya mengenai pemasyarakatan TTG, kesehatan, pertanian dan lainnya.

“Semuanya dapat terselesaikan dengan baik berkat kerjasama dengan masyarakat, motto Kabupaten Subang “Rakyat Subang Gotong-royong” ternyata benar adanya. Partisipasi masyarakat luar biasa, ini akan menjadi contoh bagi daerah lainnya,” ujar Dandim.

tmmd subang 4 tmmd subang 2

Selanjutnya wakil Bupati meninjau objek-objek yang telah dibangun oleh TNI dan masyarakat selama TMMD berlangsung dari tanggal 7-27 Mei 2015.

Ketika dikunjungi wakil Bupati dan rombongan, Sudibja warga yang rumahnya telah diperbaiki pada TMMD kali ini mengaku sangat bahagia dengan kondisi rumahnya saat ini.

“Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada TNI, pemerintah juga masyarakat di sini atas bantuannya kepada saya, ujarnya.

Warga lainnya, Dadan, juga sangat berterimakasih kepada Kodim 0605 Subang atas pengaspalan jalan yang telah dilakukan oleh TNI bersama masyarakat. Menurutnya hal ini akan mempercepat mobilitas warga yang tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di desa.

“Ini adalah bentuk kontribusi positif TNI kepada masyarakat, saya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada Kodim 0605 Subang. Dengan kegiatan ini hubungan emosional TNI dengan rakyat menjadi lebih dekat dan akrab, TNI begitu menyatu dengan masyarakat” katanya. [baca juga : Foto-foto TMMD ke-94 di Jalan Cagak]