Warga Apresiasi Kegiatan TMMD Kodim 0605 Subang di Jalan Cagak

KOTASUBANG.com, Subang – Dadan (50) warga Desa Curug Rendeng, Kecamatan Jalan Cagak kini gembira, bagian jalan yang rusak parah yang menghubungkan desanya dengan desa Cisaat kini telah diperbaiki. Hal tersebut tentunya dirasakan pula oleh seluruh warga Curug Rendeng lainnya. Kini, mobilitas penduduk dari kedua desa semakin lancar.

“Dulu membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit menuju desa Cisaat melalui jalan itu, kini setelah diaspal jadi lebih cepat. Transportasi yang lebih cepat itu tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di desa ini,” tutur Dadan.

Jalan sepanjang 1.2 km yang rusak parah tersebut telah diperbaiki oleh TNI bersama-sama masyarakat desa Curug Rendeng dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) KODIM 0605 ke- 94 yang dipusatkan di desa Curug Rendeng, Kecamatan Jalan Cagak.

“Ini adalah bentuk kontribusi positif TNI kepada masyarakat, saya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada Kodim 0605 Subang. Dengan kegiatan ini hubungan emosional TNI dengan rakyat menjadi lebih dekat dan akrab, TNI begitu menyatu dengan masyarakat” katanya.

Jpeg

Kasdim 0605 Subang Mayor Inf Zarkoni Rahmadi berbincang bersama masyarakat di Poskamling Curug Rendeng yang dibangun oleh TNI bersama masyarakat pada kegiatan TMMD Kodim 0605 Subang ke-94

Dadan berharap kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dan tidak hanya dilakukan oleh TNI saja. Ia berharap instansi lain seperti POLRI bisa melakukan hal yang sama untuk lebih menyatu bersama masyarakat.

Senada dengan Dadan, tokoh masyarakat Curug Rendeng Warman Santi (56) mengungkapkan hal yang sama. Ia sangat berterima kasih atas berbagai kegiatan dan pembanguan yang telah dilakukan selama TMMD Kodim 0605 Subang di desanya.

“Saya sangat berterimakasih sekali, hasil dari TMMD ini dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya ketika berbincang dengan Kasdim 0605 Subang Mayor Inf Zarkoni Rahmadi, di Poskamling desa Curug Rendeng, Senin (25/5/2015).

Warman juga mengungkapkan selama bergaul dengan anggota TNI, ia dan masyarakat bisa belajar banyak dari personel TNI, salah satunya tentang perencanaan pekerjaan.

“Dengan perencanaan yang matang dari para anggota TNI, semua kegiatan pembangunan bisa diselesaikan dengan cepat,” katanya.

Selain itu ia juga mengamati betul bagaimana disiplin dan kekeluargaan dari sesama anggota TNI yang begitu kuat.

Jpeg

Kasdim 0605 Subang Mayor Inf Zarkoni Rahmadi mendapat penjelasan dari Komandan SSK Kapten Inf Sukarya mengenai progres kegiatan TMMD Kodim 0605 Subang ke-94 di desa Curug Rendeng

Kasdim 0605 Subang Mayor Inf Zarkoni Rahmadi menjelaskan TMMD dimaksudkan untuk lebih mendekatkan lagi TNI dengan masyarakat.

“Hubungan TNi dengan rakyat yang sudah dekat, kita lebih dekatkan lagi dengan kegiatan ini,” ungkapnya.

Mayor Inf Zarkoni menjelaskan dipilihnya desa Curug Rendeng untuk lokasi TMMD ke-94 ini berdasarkan laporan Babinsa desa setempat, yang kemudian laporan tersebut dibahas di rapat Kodim dan kemudian dirapatkan pula di tingkat provinsi dan kementerian sebelum akhirnya diputuskan menjadi lokasi TMMD ke-94.

“Pada TMMD kali ini ada sasaran fisik dan non fisik yang kita laksanakan. Sasaran fisik yang kami lakukan diantaranya pengaspalan jalan, perbaikan tanggul penahan tanah, gorong-gorong, pembangunan rutilahu, pos kamling dan mushola. Sedangkan sasaran non fisik diantaranya pelayanan kesehatan, penyuluhan-penyuluhan termasuk sosialisasi rekrutmen TNI kepada masyarakat,” jelasnya kepada KOTASUBANG.com.

TMMD kodim 0605 subang

Kasdim 0605 Subang Mayor Inf Zarkoni Rahmadi mengunjungi salah satu stand pameran pada gelar seni dalam rangkaian kegiatan TMMD Kodim 0605 Subang ke-94 di desa Curug Rendeng

Sementara itu Komandan SSK Kapten Inf Sukarya menjelaskan objek-objek yang sudah dibangun selama TMMD ke-94 diantaranya pengaspalan jalan sepanjang 1.2 km, perbaikan rutilahu 6 unit, mushola 4 unit dan poskamling 4 unit.

“Berkat antusiasme dan kerjasama dengan masyarakat semua objek tersebut telah selesai pada H-2 sebelum kegiatan TMMD berakhir,” katanya.

Kapten Inf Sukarya juga menjelaskan jumlah personel yang diterjunkan pada TMMD kali ini berjumlah 150 anggota TNI yang terdiri dari 1 SST Arhanud, 1 SST Lanud Suryadarma dan 2 SST Yonif 312/ Kala Hitam.

Selain berbagai kegiatan tadi pada TMMD kali ini juga diselenggarakan acara Gelar produk seniman, masyarakat dan panggung seni bertajuk “Saraksa Sariksa TNI jeung Masyarakat” yang berlangsung dari tanggal 23 – 27 Mei 2015. Kegiatan tersebut diisi dengan pentas seni setiap malam termasuk kolaborasi dengan personel TNI, bazar dan pameran produk seni termasuk lukisan dan fotografi.