Kaum Difabel Bisa Ikut Memilih Bupati Subang

subang pilbup Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Subang menyiapkan sarana khusus untuk kaum difabel. Sarana itu berupa braile yang bertuliskan nama dan nomor urut para calon. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilbup Subang pada 8 September mendatang.

“Tidak ada pendataan khusus bagi kaum difabel. Dari pengalaman sebelumnya, data pemilih berkebutuhan khusus biasanya berdasarkan laporan RT atau RW,” ujar Ketua KPUD Subang, Ahmad Mudofir, Rabu (19/6/2013).

Meski demikian, pihaknya akan memberikan sarana khusus untuk melindungi hak pilih kaum difabel dalam pelaksanan pilbup Subang 2013 nanti. Pada hari H pencoblosan, sarana berupa berupa huruf braile akan dipersiapkan untuk mereka yang berkebutuhan khusus. Huruf braile tersebut bertuliskan nama dan no urut pasangan calon bupati.

“Selain sarana khusus itu, kaum difabel (tuna netra) akan disertai pendamping dalam proses pemilihan,” katanya.

Untuk pemilih pemula, pihaknya memperkirakan akan bertambah sekitar 20.000 pemilih. Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Subang.

Pelaksanaan Pilbup Subang, 8 September 2013, akan dilaksanakan di 2.725 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Subang. Pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) sendiri9 akan dilakukan pada Jumat (12/7) mendatang.

Terkait pencalonan ganda dalam Pilbup Subang dan Pileg 2014, KPUD Subang menyatakan hal itu tidak bermasalah karena aturan lama telah direvisi dengan peraturan baru yakni PKPU no 13 tahun 2013. Untuk Subang, terdapat sekitar 3 orang calon yang terdaftar dalam pilbup dan Daftar Calon Sementara (DCS) Pileg 2014.

“Pencalonan ganda tidak bermasalah karena aturan lama telah direvisi,” tegasnya.

Sumber : Inlh

//