Subang Terima Dana Desa Rp 72 Milyar Untuk 245 Desa

KOTASUBANG.com, Subang – Tahun 2015 Kabupaten Subang akan menerima bantuan dana desa dari pemerintah pusat totalnya senilai Rp 72 Miliar yang diperuntukkan bagi 245 desa. Dari nilai sebesar itu masuk dalam APBN murni Rp 49 Miliar, dan sisanya akan dialokasikan dalam APBN perubahan.

Sementara Peraturan Pemerintah yang mengatur pembagian bantuan DD mengalami perubahan, sebelumnya PP 60 tahun 2014 kini menjadi PP 22 tahun 2015.

Hal itu dikatakan Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Subang, Cecep Supriatin, didampingi Kasubag Pemerintahan Desa, Dadan Dwiyana saat ditemui di kantornya, Jumat (8/5/2015).

Dia mengatakan, PP baru yang mengatur tentang dana desa baru keluar sepekan lalu. Salah satu dasar perubahan yaitu adanya selisih yang terlalu jauh antara penerima bantuan terkecil dengan terbesar, bila menerapkan pola proposional murni.

Kantor Bupati Subang

Kantor Bupati Subang

Oleh karena itu dilakukan perbaikan supaya selisih nilai bantuan yang diterima setiap desa tak terlalu jauh. “Jadi kalau menerapkan PP 60 tahun 2014, perbedaan nilai bantuan yang diterima desa ada yang jomplang. Berbeda bila menerapkan PP 22 tahun 2015,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam PP 22 tahun 2015 salah satu perubahannya pada pembagian DD tak lagi menerapkan pola proposional murni, tetapi ada perubahan menjadi 90 persen dari total bantuan yang diterima dibagi rata terlebih dahulu sesuai jumlah desa.

Setelah itu sisanya 10 persen lagi dibagai secara proposional mengacu pada empat indikator yang sudah ditentukan, yaitu jumlah penduduk, kk miskin, luas wilayah, dan indeks kesulitan geografis.

“Kalau dihitung rata-rata kemungkinan desa-desa di Subang tahun ini akan menerima bantuan pusat itu antara Rp 280 juta hingga Rp 320 juta,” ujarnya. (PR)